Penyebab Penyakit Chikungunya

Tuesday, August 25th, 2015 - Kesehatan

Advertisement

Chikungunya adalah sebuah penyakit yang membuat penderitanya merasakan pegal dan nyeri pada persendian kaki dan tangan, pergelangannya kaki dan persendian lutut. Hal ini membuat penderita Chikungunya tidak bisa bergerak seperti biasanya. Penyebab penyakit Chikungunya adalah virus Alphavirus Chikungunya yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty, yaitu jenis nyamuk yang sering juga menyebabkan demam berdarah.

Penyebab Penyakit Chikungunya

Penyebab Penyakit Chikungunya

Penyebab penyakit Chikungunya bisa dihindari dengan melakukan pencegahan yang tepat, yaitu menghindari gigitan nyamuk tersebut, dengan cara :

Advertisement
  1. Melakukan 3 M

Nyamuk biasanya berkembang biak pada genangan air, oleh karena itu kita harus berkala melakukan upaya 3 M, yaitu Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan air dan Mengubur barang barang bekas yang tidak terpakai.

  1. Tidak menggantung pakaian di kamar

Nyamuk penyebar penyakit Chikungunya rata rata tidak hinggap di dinding, karena mereka lebih cenderung hinggap dan menggantung. Oleh sebab itu, jangan menggantung pakaian bekas pakai terlalu banyak di dalam kamar, karena itu bisa menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk penyebab penyakit Chikungunya.

  1. Mengatur sirkulasi dan kebersihan ruangan

Tempat kotor, gelap dan pengap adalah lokasi favorit untuk nyamuk. Jika ruangan kamar Anda demikian, sebaiknya atur agar sirkulasinya selalu terjaga, dengan membiarkan udara dan sinar matahari langsung menyinarinya.

Penyakit ini sebenarnya tidak perlu ditakutkan, karena kasus yang terjadi penderita penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 1 minggu. Waktu inkubasinya hanya 2-5 hari, tetapi sisa manifestasinya bertahan dalam waktu yang bervariasi, ada yang 10 hari, 2 minggu, hingga 1 bulan.

Demikianlah informasi untuk menghindari penyebab penyakit Chikungunya dengan melakukan pencegahan yang tepat. Semoga bermanfaat

Advertisement
Advertisement by Google

Penyebab Penyakit Chikungunya | admin | 4.5