Untuk Bisnis Lebih Besar, Perhatikan Ecommerce Inventory Agar Konsumen Tetap Puas

Pandemi beberapa bulan terakhir ini memaksa banyak sektor terpaksa harus berlangsung secara online. Dalam sistem perdangan sendiri, saat ini banyak sekali yang dilakukan online (disebut juga dengan e-commerce) yakni barang dilihat lewat foto pada website atau sosial media. Ecommerce inventory menjadi hal penting yang perlu Anda lakukan karena Anda dapat memastikan barang yang dikirimkan telah sampai kepada konsumen. Dengan platform pada layanan ecommerce Haistar, Anda sudah bisa memanfaatkan pemantauan ini.

Tantangan Inventory Management pada e-commerce

Adanya multi channel memungkinkan timbulnya masalah cukup banyak. Pemasaran dapat dilakukan dengan situs website, market place, bahkan media sosial sudah bukan barang langka ditemukannya promosi produk. Pemesanan banyak memang menjadi harapan dalam dunia pemasaran. Akan tetapi, hal yang menjadi masalah adalah ketika permintaan sangat banyak sementara persediaan atau stok habis, peristiwa ini lebih dikenal dengan loss sales. Sebagai solusi, Anda harus memantau dan melakukan pengawasan ketat dengan adanya saluran penjualan supaya stok yang tertulis secara online akurat dengan stok yang ada di gudang.

Sebagai pebisnis yang mengharapkan luasnya jangkauan, Anda perlu memikirkan adanya gudang penyimpanan barang lebih banyak lagi. Pada tingkat ecommerce yang berskala lebih luas tidak hanya nasional tetapi sampai internasional tidak mungkin jika barang hanya ada di pusat ecommerce. Hal ini tentunya akan memperlambat waktu pengiriman bahkan lebih rentan adanya gesekan atau tekanan selama pengiriman oleh sebab jauhnya lokasi. Jika Anda tidak memikirkan hal ini, bisa saja ecommerce inventory mengalami gangguan. Semakin dekat gudang penyimpanan barang dengan konsumen, maka barang akan lebih cepat sampai pada konsumen. Dengan demikian, pelanggan akan puas dengan pesanannya.

Kunci kepuasan pelanggan salah satunya adalah pengiriman yang cepat sampai. Namun, banyaknya gudang jika tidak dihadirkan ketepatan software inventory maka juga akan timbul masalah. Namun, jangan khawatir, Haistar dengan layanan ecommerce-nya dijamin memiliki software pemantauan yang akurat sehingga dijamin tidak akan mengalami kehabisan stok.

Dengan adanya software ini, harapannya Anda bisa mengelola multi lokasi agar stok barang di gudang relevan dengan tulisan stok pada penjualan online. Hal ini mungkin masih bisa ditemui beberapa penjualan sistem online tidak relevan stok asli dengan keterangan produk. Mungkin kalau untuk barang yang mudah dicari konsumen tidak terlalu kecewa, tapi jika barang itu limited edition pelanggan mungkin bisa kecewa karena sudah susah payah ingin mendapatkannya.

Dengan demikian, kunci utama keberhasilan perdagangan online ada pada sistem software yang ada. Dengan Haistar, ada penjaminan 100 % transparan dalam bisnis secara keseluruhan. Transparansi ini meliputi akurasi stok barang dan biaya. Pada sistem Haistar, Anda akan diberi peringatan apabila stok barang menipis atau mati sehingga perencanaan dan pengisian inventaris dapat Anda rencanakan.

Demikian mengenai ecommerce inventory, sebuah sistem yang sangat penting menjadi penentu keberhasilan perusahaan dalam memuaskan pelanggan.