Tips Mudah Mencari Pinjaman Bisnis untuk Usaha Awal Anda

Hampir setiap orang memiliki keinginan untuk membuka usaha sendiri. Bagi yang masih pemula, tentunya tidak mudah karena harus mempersiapkan dengan pasti terlebih dahulu, termasuk modal. Modal diperlukan untuk membangun usaha dari awal dan pastinya dibutuhkan modal yang cukup agar bisnisnya tetap berjalan lama. Karena itulah, jika Anda tidak kuat dalam hal finansialnya, tidak ada salahnya mencari pinjaman bisnis ke beberapa tempat.

Mencari pinjaman modal memang sangat diperlukan jika bisnis yang ingin Anda bangun termasuk menengah ke atas, apalagi modal yang benar-benar murni dari Anda masih terbatas. Agar usaha Anda tidak dilakukan setengah-tengah hanya karena kurang uang bisnisnya, maka perlu dilakukan pinjaman finansial seperti di bawah ini.

  1. Pinjam bank dengan jaminan

Bank merupakan salah tempat yang pastinya akan dicari untuk mendapatkan modal usaha. Masing-masing bank memiliki program pinjamannya yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Program tersebut dinamakan kredit multi guna atau KMG yang akan memberikan Anda modal dengan memakai jaminan dari aset yang Anda miliki, seperti properti atau kendaraan bermotor Anda.

Bunga pinjaman dari bank biasanya memang lebih tinggi dari lembaga keuangan lainnya, mulai dari 9% sampai 12%. Sedangkan untuk tenornya biasanya diberikan antara 5 hingga 20 tahun. Ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu prosedur, persyaratan, bunga, tenor, hingga batas pinjamannya agar pencairannya yang mudah dan tidak salah pilih bank.

  1. Pinjam bank tanpa jaminan

Selain memakai jaminan, bank juga menyediakan pinjaman bisnis tanpa menggunakan jaminan apapun. Program tersebut dinamakan kredit tanpa anggunan atau KTA. Program yang satu ini sering kali menjadi incaran pelaku usaha yang ingin meminjam modal tanpa harus memberikan jaminannya.

Namun, perlu Anda ketahui. Meskipun tidak memakai jaminan apapun, bunga yang ditawarkan lebih besar daripada yang menggunakan jaminan. Rata-rata bank akan memberikan bunga sekitar 10% hingga 24%. Agar tidak membuat Anda rugi, ada baiknya Anda memilih tenor yang lebih pendek agar bunganya tidak semakin besar.

  1. Menggadaikan aset

Banyak cara pelaku usaha untuk mencari pinjaman uang modalnya, salah satunya yaitu dengan menggadaikan aset yang dimiliki. Penggadaian aset dapat Anda lakukan di institusi gadai. Dengan memberikan aset yang Anda miliki, Anda bisa mendapatkan uang usaha sesuai dengan nilai aset yang Anda berikan.

Contohnya saja Anda menggadaikan aset sepeda motor dengan nilai Rp 7 juta. Maka nilai modal yang akan Anda dapatkan sekitar Rp 7 juta juga. Tapi ingat, Anda yang memutuskan menggadaikan barangnya ke pusat gadai harus memilih tempat yang terpercaya agar tidak mudah terkena tipu. Selain itu, jangan lupa untuk menebus kembali barang Anda agar tidak disita oleh tempat pegadaian.

  1. Pinjam teman atau keluarga

Cara yang satu ini merupakan cara yang pastinya dilakukan pertama kali sebelum mencari tempat pinjaman lainnya, yakni meminjam teman atau keluarga. Opsi ini banyak dilakukan pelaku usaha sebelum memutuskan mencari pinjaman bisnis ke lembaga keuangan karena dinilai lebih mudah. Tidak ada salahnya Anda meminta tolong pada mereka untuk meminjamkan sejumlah uang untuk kebutuhan usaha awal Anda.

Jika mereka mengerti posisi Anda, sudah pasti mereka akan memberikan sejumlah uangnya. Namun kalau memang mereka tidak memiliki dana untuk membantu Anda, jangan paksakan mereka untuk memberikan uangnya. Tidak semua orang memiliki tabungan yang cukup untuk membantu orang, sehingga Anda tidak perlu memaksakannya.

Sebelum Anda memutuskan meminjam modal, ada baiknya Anda memutuskan terlebih dahulu usaha apa yang akan Anda bangun. Dengan perencanaan yang matang, tentunya Anda akan lebih mudah merencanakan keuangannya dengan pasti beserta kebutuhan yang lainnya.