Tips Menjaga Kesehatan Perkembangan Janin

Perkembangan janin dipengaruhi oleh kesehatan ibunya, dalam hal ini janin mengikuti dan mengalami hal yang sama. Apabila ibunya sehat, maka otomatis janis mengikutinya. Bahkan, janin pun bisa terkena penyakit dari ibunya. Oleh karena itu, pentingnya untuk menjaga kesehatan selama Anda hamil dalam menjaga tumbuh kembang si buah kecil.

Untuk Anda yang sedang menjalani proses kehamilan, tentu menjaga perkembangan janin menjadi sangat penting. Lakukanlah berbagai pola hidup yang sehat merupakan kunci yang tepat untuk perkembangannya. Pola yang sehat, maka akan berdampak baik pada bayi Anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda terapkan, simak beberapa ulasannya

1. Konsumsi Makanan Mengandung Banyak Gizi

Konsumsi makanan bergizi tentunya memberikan efek positif untuk tumbuh kembang otak janin, berat badan, dan terhindar dari resiko cacat lahir. Memperbanyak asupan dengan makanan bergizi terhindar dari anemia dan membantu dalam menyeimbangkan suasana hati dalam proses kehamilan.

Anda dapat menemukannya pada buah-buahan, ikan,daging sapi dan ayam, telor, dan produk olahan kedelai. Semua menu diatas terpenting memenuhi Vit C, Kalsium, Lemak, dan Protein. Terpenting juga untuk tidak mengkonsumsi makanan mentah, ikan mengandung banyak merkuri dan junk food.

2. Rutin Untuk Minum vitamin Prenatal

Pentingnya untuk minum vitamin prenatal untuk memenuhi asupan ibu hamil agar selalu sehat dan menjaga agar bayi terhindar dari anemia dan tentunya memberikan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi, sebelum melakukan program tersebut lebih baik untuk konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

3. Rajin Untuk Melakukan Olahraga

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan janin, terutama Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti jogging, jalan, dan senam. Hal tersebut dapat Anda lakukan di sekitar rumah.

4. Hilangkan Kebiasaan Buruk Anda

Jauhi beberapa kegiatan yang mengarah ke kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol, tindakan justru tidak baik untuk ibu hamil, karena akan mengalami beberapa komplikasi yang akan berpengaruh pada perkembangan janin Anda.

5. Rutin Untuk Melakukan Pemeriksaan Prenatal

Kegiatan ini harus rutin Anda lakukan, karena jika terjadi permasalahan pada janin Anda dapat langsung ditindak lanjuti oleh dokter Anda dan fungsi dari pemeriksaan prenatal membantu Anda untuk konsultasi terkait kegelisahan yang dirasakan.

6. Penuhi Tubuh Anda Dengan Minum Air Putih

Untuk Anda yang sedang hamil penting untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda, karena ketika hamil darah menjadi meningkat dan cairan berfungsi untuk memperlancar aliran darah dan juga Anda terhindar dari dehidrasi, terpenting sesuaikan kebutuhan minum air putih dengan tubuh Anda.

7. Tidur

Selama kehamilan Anda akan merasa lebih cepat lelah dan susah menentukan posisi tidur yang nyaman, dengan begitu banyak dokter menyarankan untuk tidur miring kekiri, karena ini akan membantu Anda terlelap dan memperlancar aliran darah ke plasenta.

8. Hindari Berbagai Kegiatan Membuat Stres

Banyak hal yang membuat Anda stres, baik dari berbagai kegiatan dan kekhawatiran akan kelahiran, hal ini akan membuat Anda lebih mudah terserang insomnia, tidak makan, dan cemas, cara terbaik cerita keluh kesah Anda pada pasangan dan keluarga Anda.

Begitulah beberapa cara dalam menjaga perkembangan janin agar selalu sehat dan terhindar dari cacat lahir, peranan Anda sangat penting untuk menjaga tumbuh kembang bayi Anda.