Tips Memilih Makanan Kucing Persia yang Tepat

Kucing persia memang terkenal akan keindahan bulunya. Oleh karena itu, makanan yang diberikan harus memenuhi kebutuhan gizinya. Jika tidak, kesehatan bulunya akan terganggu. Selain itu, kekebalan tubuh kucing persia memang tidak sebaik kucing kampung. Memilih makanan kucing persia yang tepat adalah kunci dari kesehatan kucing tersebut.

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pemilik kucing, terutama kucing persia adalah memberikan makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat. Sistem pencernaan kucing tidak bisa memproses zat ini dan kemungkinan besar kucing akan mengalami obesitas. Berikut ini adalah beberapa tips memilih makanan yang tepat untuk kucing persia.

Tips Memilih Makanan Tepat untuk Kucing Persia

Ketika memilih makanan yang tepat untuk kucing persia, Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu mengenai usia, tingkat keaktifan, berat badan, dan juga riwayat kesehatannya. Semua faktor tersebut akan menentukan makanan apa yang paling tepat untuk kucing. Makanan untuk anak kucing tentu saja berbeda dengan kucing dewasa. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang wajib diperhatikan untuk memilih makanan yang terbaik.

1. Kesukaan kucing terhadap makanan

Pertama, Anda harus memastikan bahwa makanan yang hendak Anda berikan disukai oleh kucing. Sebagus apapun gizinya, jika kucing tidak terlalu menyukai makanan tersebut tentu hasilnya akan sia-sia saja.

2. Bahan dasar

Karena kucing sejatinya adalah binatang karnivor, artinya seluruh kebutuhan makanannya didapatkan dari daging. Sayangnya, tidak semua makanan kucing pabrikan menggunakan bahan dasar daging yang aman dikonsumsi oleh kucing. Apabila pada kemasan tidak terdapat keterangan bahan human grade meat, Anda patut curiga karena kemungkinan dagingnya adalah sisa-sisa dari pemotongan hewan. Untuk lebih aman, Anda bisa membeli makanan yang sudah terbukti kualitasnya seperti Pro Plan.

3. Kadar protein

Kadar protein juga sangat menentukan apakah kebutuhan gizi dari kucing persia akan terpenuhi atau tidak. Selain menjaga imunitas, protein ini juga berperan untuk kesehatan bulu agar terlihat cerah dan tidak mudah rontok. Setidaknya, pilih makanan kucing dengan kadar protein yang lebih tinggi karena kucing setidaknya membutuhkan 50% kadar protein.

4. Kadar air

Selain protein, kadar air juga harus Anda perhatikan. Jangan terlalu banyak memberikan makanan kering sehingga kucing persia akan mengalami dehidrasi. Berikan kombinasi dengan makanan basah beberapa hari sekali. Masalah yang kerap timbul karena kadar air yang tidak diperhitungkan adalah kucing mengalami gangguan pada ginjal dan menyebabkan kencing berdarah, susah kencing, dan sebagainya.

5. Usia dan kesehatan kucing

Setiap rentang usia kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kondisi kesehatannya. Oleh karena itu, pastikan makanan yang Anda berikan sesuai dengan usia dan kondisi kesehatannya saat ini.

Apabila Anda memperhatikan hal-hal di atas, maka kucing persia Anda akan menjadi lebih sehat dan jarang terkena penyakit. Memilih makanan kucing persia ini memang kerap dilupakan oleh banyak orang dan terkesan asal memberikan makanan saja. Jangan sampai Anda menjadi salah satu di antaranya.