Resep Mpasi 9 Bulan Murah Dan Mudah Cara Buatnya

Resep MPAsi 9 bulan wajib diketahui oleh para bunda yang ingin bayinya tumbuh dengan sehat. MPAsi adalah makanan tambahan yang diberikan oleh bunda selain konsumsi ASI. Tentunya, agar makanan tambahan tersebut memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si baby, bunda juga wajib memperhatikan asupan yang diberikan. Tidak perlu mahal karena makanan tambahan bayi ini bisa bunda buat sendiri di rumah.  Ingin tahu apa saja resep MPAsi yang pas untuk bayi yang berusia 9 bulan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Resep Makanan Tambahan Bayi Usia 9 Bulan

  1. Buryam dan Sayur

Resep mpasi 9 bulan yang pertama patut bunda coba buat di rumah adalah bubur ayam dan sayur. Cara membuat makanan tambahan bayi satu ini terbilang cukup simple dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Pertama, yang perlu bunda persiapkan adalah 20 gram daging, wortel, tomat, kentang, bayam, tepung maizena, dan juga telur. Jika bunda melihat bahan-bahan yang digunakan, bahan tersebut adalah bahan yang kaya akan nutrisi untuk si buah hati. Kedua, bunda bisa merebus ayam terlebih dahulu dan pastikan ayam empuk sehingga si baby mudah mengunyahnya. Barulah bunda bisa memasukkan bahan sayuran lain yang sudah dipotong kecil-kecil pastinya. Setelah matang, bunda bisa menambahkan tepung maizena dan juga kuning telurnya. Tunggu hingga makanan tambahan untuk si baby itu matang, barulah bunda bisa mengangkatnya.

  1. Bubur Kacang Merah

Sering kali MPAsi yang disuguhkan oleh bunda terasa membosankan untuk si kecil. Padahal bunda bisa membuat makanan tambahan untuk bayi dengan bahan-bahan yang sering dijumpai di pasar. Misalnya kacang merah. Kacang merah adalah salah satu bahan yang tinggi nutrisi dan bagus untuk kesehatan si kecil. Bunda yang masih bingung ingin membuat MPAsi yang menarik dan enak untuk si kecil, cobalah membuat bubur kacang merah. Pertama rebus kacang hingga kacang merah matang. Rebus pula wortel dan bayam. Jika ketiga bahan tersebut sudah selesai dimasak, barulah bunda bisa memblendernya agar makanan tersebut mudah dicerna oleh si kecil. Mudah kan?

  1. Bubur Hati Ayam

Dari zaman dahulu hati ayam memang dikenal bagus untuk nutrisi si kecil.  Bunda yang ingin membuat sendiri MPAsi untuk usia bayi 9 bulan, bunda bisa menjadikan hati ayam sebagai bahan dasarnya. Bunda bisa juga menambahkan wortel dan bayam sebagai pemanis dari makanan untuk si kecil. Yang harus bunda lakukan, rebus hati ayam sampai matang. Rebus pula wortel dan bayamnya. Setelah ketiganya dingin, bunda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender. Bubur hati ayam untuk si kecil siap untuk disajikan dan disantap.

  1. Bubur Tahu Kentang

Siapa bilang membuat makanan tambahan untuk bayi usia 9 bulan harus menggunakan daging atau telur. Sekali-kali tak ada salahnya bunda menjadikan sayuran sebagai bahan dasar membuat MPAsi untuk si kecil. Bukankah sayuran juga kaya akan nutrisi? MPAsi sederhana dari sayuran bisa dibuat dengan menggunakan kentang dan wortel. Sebagai bahan tambahannya, bunda juga bisa menambahkannya dengan tahu. Cukup bunda merebus kentang dan wortel sampai matang, rebus juga tahunya. Ketika ketiganya benar-benar dingin, bunda bisa menghaluskannya dengan blender. Mudah dan cepat bukan membuat bubur tahu kentang untuk si baby?

  1. Bubur Hijau Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi. Menurut ahli kesehatan, sayuran hijau satu ini juga bagus disantap oleh si kecil. Jika bunda tertarik untuk menjadikan brokoli sebagai MPAsi untuk si kecil, bunda bisa menjadikan brokoli sebagai bahan dasarnya. agar nutrisi bayi semakin lengkap, bunda bisa menambahkan bahan lain seperti daging, wortel atau kentang. Seperti biasa, bunda hanya perlu merebus brokoli terlebih dahulu. Rebus juga daging sampai lunak berikut dengan kentang dan wortelnya. Jika bahan-bahan tersebut sudah matang dengan sempurna, bunda tinggal menghaluskannya saja. Bubur hijau brokoli siap untuk disantap.

Nah kata siapa MPAsi untuk si kecil ribet cara buatnya. Ketimbang bunda membeli MPAsi kemasan, ada baiknya bunda membuat sendiri makanan tambahan bayi di rumah. Selain lebih terjangkau, makanan tambahan yang dibuat oleh bunda lebih terjamin kesehatannya. Jadi, ayo bunda segera coba resep MPASi 9 bulan untuk si buah hati sekarang!