Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Cepat juga Ampuh

Pernahkah Anda merasa tidak nyaman mengobrol dengan orang lain karena dirasa mulut Anda bau? Tentunya, hal tersebut akan sangat mengganggu. Meskipun bukan sebuah gangguan medis yang membahayakan, namun bau mulut harus segera diatasi. Hal ini guna membuat Anda lebih percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain.

Penyebab Mulut Bau

Pada dasarnya, banyak sekali hal yang bisa menyebabkan mulut Anda menjadi bau. Namun, hal yang paling sering jadi penyebabnya adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga. Bahkan 80% bau ini dikarenakan masalah yang menyangkut mulut dan gigi. Beberapanya seperti gigi berlubang, gusi yang bermasalah, dan hal lainnya.

Terlebih ketika gigi berlubang, di dalam lubang gigi tersebut seringkali banyak terdapat kuman bersarang di sana. Lama kelamaan gigi pun membusuk, ditambah setelah Anda mengunyah makanan. Maka makanan yang menempel pada gigi akan semakin menambah kerusakan gigi sebab kuman terus menggerogotinya.

Selain masalah gigi atau gusi, faktor makanan pun cukup berpengaruh dalam menyebabkan mulut Anda menjadi bau. Beberapa makanan yang biasanya jadi pemicu adalah seperti jengkol atau petai. Tak hanya itu, beberapa penyakit juga mampu menjadi pemicunya. Penyakit ini seperti xerostomia atau mulut kering, gangguan saluran pencernaan, hingga sinusitis.

Cara Menghilangkan Bau Pada Mulut

Setelah Anda mengetahui penyebab dari mulut yang bau ini, maka bagaimana cara menghilangkannya? Banyak cara yang bisa membantu Anda dalam mengatasi mulut yang bau. Namun, beberapa cara cepat ini bisa dijadikan solusi tepat ketika masalah mulut yang bau menyerang diri Anda.

  1. Makan Yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai jenis makanan atau minuman yang baik dan bisa melancarkan sistem pencernaan manusia. Di samping itu, rupanya yoghurt pun mampu menghilangkan bau mulut secara cepat. Kandungan probiotiknya ampuh menyingkirkan bakteri yang bersarang di mulum. Namun, sebaiknya konsumsi yoghurt tanpa rasa atau plain.

Yoghurt untuk penghilang bau mulut

  1. Makan Buah-buahan

Selain mengonsumsi yoghurt, buah-buahan juga mampu mengatasi mulut Anda yang bau. Buah memang mengandung beberapa nutrisi yang bagus untuk melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Bahkan buah ini pun sangat aktif dalam menghambat pertumbuhan bakteri di mulut. Beberapa buah yang bisa dikonsumsi sepertiĀ  apel, strawberry, anggur atau jeruk.

  1. Mengunyah Permen Karet Mint

Bau mulut menyerang misalnya ketika akan bertemu dengan pasangan atau klien kantor? Maka mengunyah permen karet bisa mengatasinya. Namun tidak sembarangan permen karet, sebaiknya kunyah permen karet dengan varian rasa mint. Pasalnya, jika rasa lain yang mengandung gula, bakteri malah akan semakin aktif menggerogoti rasa manisnya.

  1. Pakai Obat Kumur

Selain mengunyah perment karet mint, cara cepat menghilangkan bau pada mulut pun adalah dengan obat kumur. Bisa digunakan ketika keadaan sedang darurat. Obat ini sangat ampuh dalam membersihkan dan menghilangkan kotoran penyebab mulut jadi bau dan bakteri bersarang. Pilihlah obat kumur yang memang mempunyai kandungan zat aktif penghilang bakteri.

Mouthwash untuk menghilangkan bau mulut seketika

Tak hanya beberapa cara tersebut, ada juga beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau yang terjadi di area mulut. Beberapa cara lain adalah dengan membersihkan area lidah menggunakan sikat lidah. Jangan lupa juga untuk selalu rutin menyikat gigi dan banyak minum air putih agar bakteri menghilang.

Bagaimana pun, bau mulut ini meskipun dianggap sepele, tidak boleh diremehkan. Pasalnya, ketika mulut bau, tentu Anda jadi tidak percaya diri, bukan? malah akan memberikan jarak orang lain terhadap Anda. Untuk itu, hindari beberapa penyebabnya dan jika sudah terjadi, segera atasi dengan beberapa cara tersebut.