Pahami Jenis Lensa Kacamata Yang Ada Di Pasaran

Buat anda yang memiliki gangguan penglihatan. Seperti rabun jauh, rabun dekat, silinder atau kombinasi pasti membutuhkan kacamata. Kacamata menjadi barang penting yang harus dimiliki. Tanpa bantuan kacamata anda tidak bisa melihat dengan jelas dan sulit beraktivitas. Sekarang model kacamata semakin bervariasi. Dengan material, bentuk dan harga yang berbeda-beda. Sebelum membeli kacamata sebaiknya anda ketahui material lensa yang digunakan. Berikut ini beberapa jenis lensa kacamata yang harus anda ketahui.

Lensa Kaca

Lensa kacamata termasuk jenis lensa yang paling mudah ditemukan di pasaran. Lensa kaca tidak mudah tergores dan sifat penghantaran cahayanya sangat baik. namun kekurangan lensa kaca bobotnya yang berat dan tidak semua frame bisa menggunakan lensa ini. harganya pun terbilang cukup mahal. Selain itu lebih gampang pecah jika jatuh dari tempat tinggi.

Lensa Polikarbonat

Lensa yang berbahan polikarbonat memiliki sifat yang lebih ringan dan tipis dibandingkan dengan lensa kaca. Selain itu lensa ini lebih tahan dengan benturan dan tidak cepat pecah. Bahkan sudah ada lensa yang memiliki perlindungan terhadap sinar ulta violet. Jika anda sering berolahraga atau melakukan kegiatan di luar rumah, lensa ini bisa menjadi pilihan yang tepat. karena tidak cepat pecah.

Lensa Trivex

Jenis lensa trivex memiliki karakteristik yang hampir sama dengan lensa polikarbonat. Keunggulan lainnya adalah kemampuan membelokan cahaya yang lebih bagus dibandingkan dengan lensa lainnya. sehingga lebih nyaman digunakan dan tidak membuat mata terlalu silau.

Lensa High Index

Jika anda mencari lensa kacamata yang lebih ringan dan tipis dibandingkan dengan jenis lensa lainnya. bisa memilih lensa jenis high index. Sangat nyaman digunakan di mata dan tidak mudah pecah. Jenis lensa ini sangat cocok buat orang yang membutuhkan koreksi visual yang lebih bagus. Karena penerimaan dan pembelokan cahayanya lebih bagus. Benda yang anda lihat akan terlihat lebih jelas.

Lensa Photochromic

Lensa photochromic ada yang terbuat dari plastik dan ada pula dari kaca. Lensa ini memiliki kelebihan mampu merubah warna bening ke gelap bila terkena pantulan sinar matahari. Sehingga anda tidak nyaman saat beraktivitas di luar rumah atau di dalam ruangan. Karena sinar yang dipantulkan akan sama. tidak terasa gelap bila masuk ke dalam ruangan, setelah berada di bawah sinar matahari yang terik.

Lima jenis lensa diatas yang paling banyak ditemukan di pasaran. Terutama yang berbahan kaca dan polikarbonat. Setiap jenis lensa mempengaruhi harga kacamata tersebut. semakin mahal harganya semakin bagus pula material yang digunakan. Waspadai juga meterial lensa yang mudah tergores. Supaya lensa tetap awet dan tidak mudah tergores, anda harus membersihkannya dengan benar. Jangan gunakan kain yang kasar. Seperti tisu, kain baju dan lainnya. gunakan kain khusus pembersih kacamata sehingga lebih awet.

Selain itu semprotkan cairan pembersih terlebih dahulu, supaya kotoran di kacamata cepat hilang. Jadi perawatan kacamata juga sangat penting, selain memilih material lensa yang tepat. jika anda membeli kacamata mahal, namun tidak bisa merawatnya akan sama saja. oleh karena itu beli kacamata dengan benar dan rawat kacamata dengan tepat.

Anda bisa membeli kacamata yang anda inginkan di optik timur. Anda bisa membeli secara online dan melakukan konsultasi terlebih dahulu. Ada banyak jenis lensa kacamata yang bisa anda beli.