Mengenal dan Mengatasi Penyakit Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi virus atau bakteri pada rongga tenggorokan yang ditandai dengan munculnya iritasi yang menyebabkan sensasi panas, rasa nyeri, dan sakit terutama saat menelan baik minum maupun makan.

Penyakit ini bukan tergolong penyakit yang serius tapi saat datang terasa sangat mengganggu karena penderita akan mengalami kurang nafsu makan dan kesulitan bicara. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia paling banyak menyerang anak-anak dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun pada beberapa kasus sakit tenggorokan yang terjadi dapat menjadi gejala awal dari masalah penyakit serius seperti infeksi mononukleosis, Abses peritonsil, dan epiglotitits, untuk itu saat peradangan tidak membaik dalam waktu 3 hari kita harus segera memeriksakan diri ke dokter atau pusat kesehatan masyarakat terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara mengobati radang tenggorokan

  1. Kumur menggunakan air garam hangat, caranya campurkan 1 sendok teh garam dengan 1 gelas belimbing air hangat. Gunakan untuk kumur-kumur sehari 2x pagi dan malam sebelum tidur.
  2. Periksa ke dokter atau ke Puskesmas terdekat. Minum obat dan antibiotik yang diberikan secara teratur serta mematuhi setiap petunjuk dan saran dokter.
  3. Minum banyak air putih agar tenggorokan tidak kering atau minum larutan penyegar yang bisa dibeli di minimarket terdekat. Jangan minum larutan penyegar dalam keadaan dingin.
  4. Minum obat tradisional seperti larutan madu dan jeruk nipis. Cara membuat, campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok jeruk nipis lalu tambahkan 3 sendok air panas. Minum 3x sehari.

Untuk anak-anak yang tidak menyukai obat dari dokter bisa menggantinya dengan cara yang lebih alami dan enak

  1. Berikan 1 sendok makan madu 3x sehari dan air hangat.
  2. Berikan 1 gelas air lemon hangat dengan madu. Jangan gunakan gula, karena gula dapat memicu batuk. Berikan 1x sehari saat malam sebelum tidur.
  3. Berikan minum air jahe hangat. Kandungan yang terdapat dalam jahe dapat membantu melegakan dan menghangatkan tenggorokan.
  4. Minum jamu beras kencur hangat. Kencur dipercaya dapat membantu mengobati sakit tenggorokan dan kandungan jahe di dalamnya dapat membantu menghangatkan tubuh.
  5. Makan sup kaldu ayam kampung hangat

‌Hal yang harus diperhatikan untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Perbanyak istirahat.
  2. Hindari makanan berminyak seperti gorengan dan makanan pedas.
  3. Hindari minum air es.
  4. Jaga suhu tubuh agar selalu hangat.
  5. Mandi dengan air hangat.
  6. Perhatikan nutrisi yang terkandung pada makanan dan kurangi makanan instan dan minuman soda.
  7. Perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.
  8. Minum larutan penyegar, minuman isotonik, atau air kelapa muda untuk menurunkan panas 1x sehari.
  9. Minum obat dan antibiotik yang diberikan dokter secara teratur.
  10. Kompres dahi dengan air dingin jika disertai demam.
  11. Kurangi berbicara sepanjang hari untuk menjaga kondisi tenggorokan.
  12. Oleskan minyak kayu putih pada tenggorokan untuk mengurangi rasa nyerinya.

Walaupun radang tenggorokan bukan penyakit berbahaya tetap perlu diperhatikan, apalagi jika sampai mengganggu aktivitas sehari-hari terutama jika rasanya sering kambuh disertai keluarnya darah anda wajib untuk langsung memeriksakan diri ke dokter, karena seringan apa pun sakitnya lebih enak jika sehat, sekian informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.