Jenis Ball Bearing

Istilah ball bearing sudah sangat lazim di dunia permesinan. Bearing adalah elemen mesin yang berguna untuk membatasi gerak relatif supaya dapat bergerak sesuai arah yang diinginkan. Ball bearing adalah bearing/ bantalan dengan baja sebagai bahan pembuatan bola yang diletakkan pada kedua rel dan berfungsi sebagai alur atau jalannya perputaran bola tersebut. Bola ini memiliki penghubung berupa titik antara komponen yang dapat menurunkan beban gesekan hingga dapat bergerak dengan cepat dan menopang beban rendah sampai sedang di saat yang sama. Beberapa jenis ball bearing yang perlu kamu ketahui sebagai berikut.

  1. Self-aligning ball beearing

Pada bantalan ini, terdapat dua bagian cincin, yaitu cincin bagian dalam yang memiliki dua jalur balapan dan cincin bagian luar yang memiliki jalur bola tunggal dengan pusat kelengkungannya bertepatan dengan sumbu bantalan. Hal ini memungkinkan sumbu cincin bagian dalam, bola dan sangkar untuk membelok di sekitar pusat bantalan dan secara otomatis memperbaiki ketidaksejajaran yang disebabkan oleh pemesinan poros atau kesalahan pemasangan. Bantalan ini digunakan dalam pengaturan dengan poros yang sangat panjang seperti yang ada di pabrik tekstil. Kelemahan dari jenis ini adalah beban yang dapat ditopang terbatas. Hal ini karena raceway luarnya yang memiliki osilasi yang sangat rendah.

  1. Thrust ball bearing

Bantalan ini terdiri dari bantalan bola yang didukung dalam cincin, dapat digunakan dalam aplikasi dorong rendah yang hanya dapat menanggung beban aksial yang sedikit. Bantalan ini membutuhkan pelumas oli dalam bergerak dan mendapatkan kecepatan yang tinggi. Terdiri dari dua raceways, bola, retainer, dan poros berisi alur untuk bola. Bantalan dengan arah ganda dapat mendukung beban dua arah. Thrust ball bearing dengan arah ganda dapat membuat bantalan dapat membawa beban aksial dalam dua arah.

  1. Angular contact ball bearing

Bantalan ini memiliki elemen bergulir menggunakan roller atau bola untuk membawa beban. Jenis ini sangat ideal untuk digunakan dalam motor listrik, gearbox, pompa, dan kopling atau aplikasi kecepatan tinggi lainnya. Umumnya bantalan ini digunakan dalam penanganan material, peralatan mesin, pabrik baja, dan industri energi angin. Meskipun bantalan ini hanya dapat menerima beban dorong dalam satu arah, jenis ini dapat diproduksi pada sudut kontak yang berbeda yaitu pada 0 sampai 45 derajat kemiringan sudut untuk mentransfer beban yang bekerja pada bantalan.

  1. Deep groove ball bearing

Jenis ini merupakan bantalan yang paling umum digunakan. Banyak barang yang berkaitan dengan keseharian menggunakan bantalan ini. Biasanya digunakan dalam motor listrik dan peralatan rumah tangga, motor mobil, mesin kantor, kontrol otomasi, dan peralatan taman dan rumah tangga. Bantalan ini memiliki berbagai ukuran, bahan dan varietas sesuai dengan kebutuhan konsumen, termasuk penggunaan industri khusus seperti aplikasi suhu tinggi. Bantalan suhu tinggi dibuat untuk menahan suhu hingga 350 ° C dan cocok untuk mesin yang digunakan dalam industri logam atau untuk oven industri.

Itulah jenis ball bearing yang dapat menambah pengetahuan anda tentang fungsi dan kegunaan dari bantalan-bantalan yang digunakan dalam memudahkan perpindahan.