Inilah Rincian Jadwal Pilpres 2019 Mendatang

Tahun baru 2019 diwarnai dengan kisah perpolitikan dalam rangka pemilihan badan eksekutif. Jadwal pilpres 2019 sudah dibentuk jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan. Persiapan pendaftaran capres dan cawapres juga sudah dilaksanakan tahun lalu. Anda dapat mengetahui detail pilpres 2019 hingga pelaksanaan pemilu lewat informasi berikut ini.

  1. Pendaftaran Pasangan Capres dan Cawapres

Langkah pertama dalam rangkaian jadwal pilpres adalah pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tahap pendaftaran ini sudah berhasil dilaksanakan pada tahun 2018 lalu, tepatnya pada tanggal 4-10 Agustus 2018. Setiap capres dan cawapres dari koalisi partai dapat mendaftarkan pasangan calonnya masing-masing sesuai rentang tanggal tersebut.

  1. Penetapan dan Pengumuman Pasangan Capres Cawapres

Setelah melaksanakan proses pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden, perlu dilaksanakan pengumuman pasangan capres dan cawapres. Pengumuman pasangan capres cawapres ini dilakukan berdasarkan data pendaftaran yang sudah ditetapkan.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang sudah ditetapkan sudah tidak boleh mengundurkan diri. Penetapan dan pengumuman ini dilaksanakan pada hari yang sama, yaitu tanggal 20 September 2018.

  1. Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon

Setelah dilakukan penetapan dan pengumuman capres dan cawapres, dilakukanlah penetapan nomor urut pasangan calon. Tahap ini juga sudah dilakukan tahun lalu yaitu tanggal 21 September 2018. Penetapan nomor urut ini bertujuan memberikan tanda urutan kepada setiap pasangan calon.

  1. Kampanye Pasangan Capres Cawapres

Penyelenggaraan kampanye oleh setiap pasangan capres cawapres adalah tanggal 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Kampanye ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang visi dan misi dilanjutkan dengan rancangan program kerja utama. Kampanye ini tetap dipantau agar sesuai dengan jadwal pilpres 2019.

  1. Masa Tenang

Masa tenang ini adalah jeda waktu antara kampanye dengan pelaksanaan pemilu. Dalam masa tenang ini, para calon beserta tim suksesnya tidak boleh melakukan kampanye, sosialisasi, dan iklan dalam bentuk apapun.

Di masa tenang yang diadakan pada rentang waktu 14-16 April 2019, para calon pemilih diharapkan bisa berpikir jernih untuk menentukan pasangan pilihannya tanpa campur tangan dari pihak mana pun. Hal ini sangat penting untuk memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mengutamakan hak pilihnya.

  1. Pemungutan dan Perhitungan Suara

Setelah masa tenang berakhir, setiap WNI yang sudah mempunyai hak pilih diharuskan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihannya. Pemungutan dan penghitungan suara pilpres ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Proses pemungutan dan pengambilan suara ini dilakukan di TPS terdekat oleh panitia pilpres.

  1. Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilu Nasional

Proses berikutnya adalah rekapitulasi dari keseluruhan hasil pemungutan suara dari setiap calon presiden dan calon wakil presiden. Proses rekap ini dilakukan oleh panitia pemungutan suara dengan disaksikan oleh petugas keamanan dan para saksi dari setiap pasangan capres dan cawapres.

Proses rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara ini akan dilaksanakan mulai tanggal 25 April 2019 sampai 22 Mei 2019. Keseluruhan rekap ini juga dilaksanakan dengan teliti dan cermat. Pihak yang bersangkutan dalam proses ini juga harus netral.

  1. Sumpah Janji Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Setelah diketahui hasil rekapitulasi dan ditetapkannya hasil penghitungan suara pemilu nasional, dilakukanlah pengumuman hasil pilpres. Setelah diumumkan, dilaksanakanlah peresmian presiden dan wakil presiden terpilih dengan mengucap janji pelantikan pada tanggal 20 Oktober 2019.

Rincian tersebut memudahkan Anda sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum untuk memilih pemimpin negara sesuai kehendak pribadi melalui pemilu. Jadwal pilpres 2019 memang sudah diatur sedemikian rupa untuk kelancaran pemilihan pemimpin Indonesia yang baru. Dengan mengetahui jadwalnya sejak dini, Anda dapat mempersiapkan pilihan terbaik.