Ini Dia 5 Ciri Waktunya Servis Mobil Biar Tidak Mogok

Sudah bukan rahasia umum, kalau mobil adalah salah satu transportasi yang semakin banyak ditemui dan digunakan. Terutama pada di bagian ibu kota. Mulai dari kalangan orang tua bahkan anak muda sekalipun banyak yang mahir menggunakan alat transportasi roda 4 ini. Konsekuensi memiliki kendaraan memanglah harus sadar terhadap perawatannya. Anda harus menyediakan waktu tersendiri untuk datang ke bengkel untuk servis mobil.

Jangan sampai pada waktu Anda menggunakan di tengah jalan, mobil Anda mogok. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum berangkat Anda mengecek kelayakannya atau sempatkan dalam kegiatan sehari-hari Anda untuk melakukan servis. Anda bisa langsung datang ke bengkel terdekat. Anda juga bisa menelpon langsung montir panggilan kepercayaan Anda untuk datang ke rumah. Apapun pilihannya, usahakan Anda terus memantau kondisi dari kendaraan Anda.

1. Cuci

Salah satu dari rangkaian servis adalah dimulai dari Anda rajin mencuci mobil Anda. Kegiatan ini apabila sering Anda lakukan, maka kemungkinan besar kerusakan pada onderdil mobil adalah kecil. Terutama bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh ke luar kota dan keluar pada musim penghujan. Kondisi ini bisa memunculkan kerusakan seperti cepatnya karatan pada onderdil bagian bawah.

Air hujan memang memberikan dampak yang tidak baik bagi mobil. Oleh sebab itu Anda harus rajin membersihkan dan mencuci mobil terutama pada bagian bawah dan yang tidak mudah dijangkau. Pastikan Anda memilih tempat cuci mobil yang memberikan fasilitas lengkap. Mulai dari pengangkatan mobil dengan mesin hidrolik sampai layanan kecil sebagai tambahan.

Anda bisa melakukan kegiatan ini setidaknya seminggu sekali. Namun apabila sering keluar menggunakan mobil, maka intensitasnya juga harus ditambah. Saat Anda berada di tempat cucian mobil, tanyakan pada pemilik cucian mobil apakah tersedia layanan tambahan seperti cek tekanan udara, cek oli, hingga mesin. Apabila di tempat cucian tersebut dan menyediakan, tidak ada salahnya jika Anda mengambil kesempatan itu.

2. Ban Sering Kempes

Apabila Anda sering menjumpai atau saat Anda menaiki mobil, ban Anda terasa kempes terus berarti itu tandanya Anda harus segera melakukan servis mobil. Ban adalah onderdil mobil yang paling penting. Usahakan Anda menggunakan nitrogen sebagai bahan pengisian ban Anda. Jika motif atau garis ban Anda sudah tidak terlihat, ini tandanya Anda harus segera ganti ban. Hal ini bisa membahayakan Anda saat berkendara.

Jangan lupa juga, bersihkan velg ban Anda. Biasanya, di sela-sela velg ban ada sisa-sisa kotoran dari pengereman maupun bekas debu, pasir, tanah hingga bekas kotoran air hujan. Jika Anda membiarkan kotoran-kotoran ini mengendap, hal ini dapat menyebabkan velg ban menjadi panas, lembab bahkan bisa gosong karena kepanasan tadi.

3. Oli Hitam

Jika Anda mengecek oli mobil Anda sudah hitam, sudah saatnya Anda juga masukkan dalam daftar servis. Oli hitam menandakan bahwa pelumas yang Anda pakai telah melakukan perlindungan pada mesin mobil Anda. Jika sudah menghitam, mintalah pada montir untuk menggantinya. Sebelum mengganti, Anda tanyakan kepada montir mengenai jenis oli apa yang cocok dengan jenis mobil Anda.

4. Accu Mati

Apabila bisa menyebabkan mobil Anda tidak bisa digunakan sama sekali. Accu menjadi bagian mobil yang paling penting sebagai aliran listrik di dalam mobil. Jika Anda menjumpai mobil Anda tidak bisa menyala sama sekali, jangan terburu-buru panik. Anda bisa mengecek dengan cara membawa accu pada tukang accu dan menyeterumnya terlebih dahulu.

5. Air Radiator Berkurang

Fungsi adanya air radiator ini adalah menjaga kinerja mesin agar tetap sejuk. Saat mesin mulai terasa panas baik dari segala gesekan sampai terkena paparan sinar matahari, air radiator akan menjalankan tugasnya. Kurangnya air radiator ini bisa menyebabkan mobil overheat, keluar asap, bahkan bisa mogok.

Anda bisa mengecek air ini pada mesin mobil Anda. Biasanya pada tabung yang berisi air ini, ada tanda untuk menentukan kapasitas air secara normal yang seharusnya ada di dalam tabung itu. Perlu Anda perhatikan, jangan pernah membuka tutupnya saat mesin panas atau menyala. Sebelum Anda menambahkan air, pastikan mesin dalam keadaan dingin. Anda juga bisa melihat sebelah speedometer, ada tanda jika arah panah tidak berada di tengah-tengah huruf ā€˜Cā€™ Anda harus menyiapkan untuk menambahkan air radiator.

Itulah beberapa tanda pada mobil Anda yang menandakan Anda harus servis mobil. Jika Anda tidak segera bertindak, maka bisa jadi kerusakan lebih dalam terjadi pada mobil Anda.