Hati-Hati, Ini 5 Cara Penularan Hepatitis B ke Tubuh 

Hepatitis B merupakan infeksi serius yang terjadi pada organ hati. Biasanya kondisi ini disebabkan karena virus hepatitis B (HBV). Hepatitis tipe B termasuk ke dalam penyakit kronis karena dapat terus berangsur-angur memburuk. Penyebabnya juga bisa disebabkan karena beberapa hal. Untuk itu Anda wajib berhati-hati, berikut cara penularan hepatitis tipe B.

  1. Melakukan Hubungan Intim yang Tidak Aman

Berhubungan intim dengan cara yang tidak aman juga merupakan cara utama penularan hepatitis B. Sebab virus hepatitis tipe B bisa masuk melalui goresan kecil pada selaput rektum, uretra, vagina, alat reproduksi, hingga mulut ketika melakukan aktivitas seksual.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya virus hepatitis tipe B dapat menular melalui cairan vagina dan air mani. Untuk itu pastikan Anda selalu melakukan hubungan intim yang aman agar tidak tertular penyakit hepatitis tipe B. Selain itu, pastikan jangan sampai Anda berhubungan badan dengan orang yang sudah mengidap hepatitis tipe B agar tak tertular.

  1. Penggunaan Jarum Suntik Secara Bergantian

Tanpa disadari ternyata penggunaan jarum suntik secara bergantian juga bisa menjadi salah satu penyebab penularan virus hepatitis tipe B. Hal ini biasanya sering terjadi pada para pengguna narkoba jenis heroin yang menggunakan jarum suntik sebagai media untuk memasukan zat tersebut ke dalam tubuh.

Seperti yang sudah diketahui, jika virus penyebab hepatitis tipe B juga bisa menyebar melalui darah. Untuk itu, pastikan jangan menggunakan jarum suntik yang sudah terkontaminasi dengan virus tersebut. Penting juga bagi Anda untuk menjauhi narkoba. Selain untuk mengurangi risiko tertular hepatitis, penggunaan narkoba juga berdampak buruk bagi kesehatan.

  1. Pekerjaan

Pekerjaan yang sering menangani darah manusia seperti petugas kesehatan dan laboratorium juga berisiko tertular penyakit hepatitis tipe B. Hal ini disebabkan karena profesi ini sering terpapar oleh darah atau alat kesehatan yang mungkin sudah terkontaminasi dengan virus hepatitis tipe B. Virus ini juga bisa menular melalui percikan darah ke bagian tubuh yang terbuka.

Jadi, bagi Anda yang bekerja di bidang kesehatan pastikan untuk lebih berhati-hati. Selain itu, selalu gunakan peralatan keamanan yang lengkap saat bekerja. Mulai dari penutup mulut atau masker, hingga sarung tangan untuk mengurangi risiko tertular virus hepatitis tipe B.

  1. Melahirkan

Tahukah Anda, bayi yang baru lahir juga bisa saja terinfeksi virus hepatitis tipe B dari ibunya. Mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi selama proses persalinan ketika sang bayi bersentuhan dengan cairan tubuh ibunya di jalan lahir. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit hepatitis tipe B.

Nah di atas merupakan beberapa cara penularan virus hepatitis B ke dalam tubuh. Mengingat hepatitis tipe B merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya, penting bagi Anda untuk melakukan upaya pencegahan sejak dini agar terhindar dari risiko tersebut. Pastikan untuk selalu terapkan pola hidup sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit hepatitis tipe B.