Gejala Lipoma yang Perlu Anda Perhatikan

Lipoma adalah pertumbuhan jaringan lemak yang perlahan berkembang di bawah kulit Anda. Ciri ini menjadi gejala lipoma yang biasanya terjadi. Orang-orang dari segala usia dapat mengalami lipoma, tetapi anak-anak jarang mendapatkannya. Lipoma dapat terjadi hampir di mana saja di tubuh, tetapi paling sering ditemukan di batang, bahu, leher, dan ketiak, lengan bawah, dan paha. Lipoma jarang dapat terbentuk di otot dan organ dalam. Mereka diklasifikasikan sebagai pertumbuhan jinak, atau tumor, dari jaringan lemak. Ini berarti lipoma bukan kanker dan jarang berbahaya.

Lipoma adalah simpul jaringan lemak yang biasanya ditemukan tepat di bawah kulit (subkutan). Lipoma dapat digambarkan sebagai tonjolan karet yang terasa seperti bisa bergerak. Lipoma cenderung tumbuh lambat, seringkali dalam beberapa bulan atau tahun. Mereka biasanya kecil (biasanya kurang dari 2 inci). Kadang-kadang lipoma yang lebih besar memang terjadi, dengan beberapa mencapai hampir 8 inci.

Lipoma cukup umum, terjadi pada 1 dari setiap 1.000 orang. Orang dengan lipoma biasanya hanya memiliki 1, meskipun sekitar 20% dari mereka yang terkena dapat memiliki beberapa. Lipoma mempengaruhi semua kelompok umur dan bahkan dapat hadir saat lahir; Namun, mereka biasanya terbentuk pada orang yang berusia antara 40 dan 60 tahun.

Apakah lipoma bersifat kanker?

Lipoma hampir selalu jinak, artinya tidak bersifat kanker dan tidak akan berkembang menjadi kanker. Ada bentuk kanker yang sangat langka yang dikenal sebagai liposarkoma yang terjadi di dalam jaringan lemak dan mungkin terlihat seperti lipoma dalam. Lipoma yang tumbuh dengan cepat atau sakit harus diperiksa oleh dokter, dan mungkin perlu biopsi.

Apa yang menyebabkan lipoma?

Penyebab lipoma tidak diketahui. Mungkin saja mereka disebabkan oleh trauma fisik. Namun, tidak jelas apakah trauma menyebabkan lipoma terbentuk, atau apakah lipoma ditemukan hanya karena perhatian medis pada area tubuh tersebut. Dalam kasus lain, kondisi genetik (bawaan) seperti sindrom Gardner dan beberapa lipomatosis herediter menyebabkan seseorang memiliki beberapa lipoma. Kondisi langka lainnya, penyakit Madelung, terlihat kebanyakan pada pria yang minum banyak alkohol. Perawatan untuk lipoma biasanya tidak diperlukan kecuali lipoma mengganggu Anda.

Apa saja gejala lipoma?

Lipoma jarang menyebabkan rasa sakit, dan sebagian besar orang tidak memiliki gejala. Namun, seseorang dengan lipoma dapat mengalami rasa sakit jika lipoma menekan saraf atau memiliki beberapa pembuluh darah yang melewatinya.

Gejala

Lipoma dapat terjadi di mana saja di tubuh. Mereka biasanya :

  1. Terletak tepat di bawah kulit. Mereka biasanya terjadi di leher, bahu, punggung, perut, lengan, dan paha.
  2. Lembut dan pekat saat disentuh. Mereka juga bergerak dengan mudah dengan sedikit tekanan jari.
  3. Umumnya berukuran kecil. Lipoma biasanya berdiameter kurang dari 2 inci (5 cm), tetapi mereka dapat tumbuh.
  4. Terkadang menyakitkan. Lipoma bisa terasa sakit jika tumbuh dan menekan saraf di dekatnya atau jika mengandung banyak pembuluh darah.

Diagnosis Lipoma

Lipoma biasanya dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Tetapi Anda mungkin perlu biopsi, di mana sepotong kecil jaringan dikeluarkan dan dilihat di bawah mikroskop, untuk memastikan diagnosis. Tes seperti sinar-X, CT scan, dan MRI juga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas.

Kapan Harus Menemui Dokter Untuk Periksa ?

Setiap kali Anda melihat benjolan aneh di tubuh Anda, Anda harus pergi ke dokter untuk diagnosa. Ini mungkin berubah menjadi lipoma yang tidak berbahaya, tetapi selalu ada kemungkinan bahwa itu bisa menjadi indikasi kondisi yang lebih serius. Gejala itu bisa menjadi liposarkoma kanker. Benjolan ini biasanya tumbuh lebih cepat daripada lipoma dan menyakitkan. Gejala lipoma lain yang harus didiskusikan dengan dokter seperti : tingkat rasa sakit, meningkatkan ukuran benjolan, benjolan mulai terasa hangat / panas, benjolan menjadi keras atau tidak bergerak, perubahan kulit tambahan.