Cara Mengurangi Rambut Rontok Secara Mudah

Masalah rambut rontok memang selalu menjengkelkan. Rambut sebagai mahkota manusia, pasti ingin dirawat dengan baik. Rambut yang halus, berkilau dan bebas ketombe. Ketika rambut tidak dirawat dengan baik, bisa rusak parah. Mungkin anda sudah menggunakan berbagai shampoo rambut rontok. Tapi tidak berhasil, cobalah menggunakan cara mengurangi rambut rontok secara alami.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Mengatasi rambut rontok tidak harus menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati rambut rontok, antara lain:

  • Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal khasiat lidah buaya? Lidah buaya terbukti bisa merawat rambut dengan baik. Membuat rambut lebih sehat dan kuat. Saat ini ada banyak brand yang mengeluarkan produk lidah buaya. Namun anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Ambilah satu batang lidah buaya, kemudian ambil gelnya. Hancurkan sampai halus kemudian ratakan ke seluruh rambut. Diamkan selama 20 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap harinya, hingga rambut rontok berkurang.

  • Kemiri

Kemiri juga sering digunakan untuk obat rambut. Kemiri bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Membuat akar rambut lebih kuat, sehingga bebas dari rontok. Kandungan didalam minyak kemiri, akan membuat rambut anda lebih sehat alami. Bebas rontok dan ketombe.

Saat ini ada banyak toko yang menjual minyak kemiri asli. Jika ingin membuatnya sendiri, anda bisa menyangrai beberapa butir kemiri. Kemudian tumbuh halus dan peras, ambil minyak yang keluar. Gunakan minyak tersebut untuk masker rambut. Gunakan sebelum tidur dan bilas di pagi harinya.

  • Alpukat

Alpukat sering digunakan untuk masker wajah, karena bisa membuat wajah lebih bersih. Tapi alpukat juga bisa digunakan untuk masker rambut. Kandungan didalam alpukat bisa membuat rambut rontok lebih kuat dan hilang.

Protein didalam buah alpukat, akan menguatkan akar rambut dan menutrisinya. Membuat rambut baru cepat tumbuh dan lebih kuat. Ambilah satu butir alpukat, kemudian haluskan dagingnya. Balurkan daging alpukat halus ke seluruh rambut. Diamkan selama 20 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini seminggu dua kali.

  • Yogurt

Anda bisa menggunakan yogurt untuk mengatasi rambut rontok. Yogurt akan menutrisi kulit kepala dan akar rambut anda dengan baik. Gunakan yogurt tanpa bahan tambahan. Kemudian oleskan merata keseluruh kulit kepala. Diamkan selama 15 menit.

Cuci bersih rambut anda dari yogurt. Perawatan secara rutin, akan membuat rambut lebih kuat dan sehat. Masalah rambut rontok pun akan hilang dengan sendirinya. Anda bisa melakukan perawatan minimal 2 kali dalam seminggu.

  • Minyak esensial

Ada banyak minyak esensial yang bisa digunakan untuk menguatkan akar rambut. Misalnya minyak kelapa, minyak wijen atau minyak zaitun. Ketiga jenis minyak ini bisa membuat rambut anda lebih kuat dan masalah rambut rontok hilang. Minyak esensial juga bisa membuat rambut lebih sehat berkilau.

Penggunaanya sangat mudah, anda bisa mengoleskan minyak esensial dua kali sehari. Pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas sampai bersih. Bila rontok sudah hilang, cukup gunakan masker minyak esensial 2 kali dalam seminggu.

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang mudah ditemukan. Hampir setiap hari anda menggunakan bumbu dapur ini. Namun ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Haluskan beberapa siung bawang putih, kemudian oleskan secara merata ke seluruh rambut anda. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas sampai bersih. Kekurangan bawang putih yaitu meninggalkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu anda harus mencucinya sampai bersih.

  • ┬áTeh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat banyak sekali. Teh hijau sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Teh hijau juga bisa digunakan untuk mengurangi rambut rontok. Siapkan satu gelas air panas, kemudian beri teh hijau. Diamkan sampai dingin dan mengental.

Kemudian gunakan larutan teh hijau tersebut untuk masker rambut. Oleskan secara merata sambil dipijat di kulit kepala. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan sampo sampai bersih. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali seminggu sampai masalah rambut rontok hilang.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami. Semoga bermanfaat,