Cara Kerja dan Komponen Penting VSAT yang Saling Terkait

Kemajuan teknologi semakin nyata dengan inovasi dalam penyedia jaringan internet. Saat ini, teknologi VSAT (Very Small Aperture Terminal) sudah berkembang dan semakin diminati sebagai penyedia layanan internet. Sinyal yang kuat dan stabil menyebabkan layanan internet satelit ini sangat terjamin kelancaran aksesnya setiap saat. Cara kerjanya juga terbilang praktis.

Cara Kerja VSAT

Modern ini, internet sudah menjadi fasilitas yang sangat mendukung kelancaran kegiatan komunikasi dan informasi. Akses data dapat dilakukan secara fleksibel melalui jaringan internet. Hal tersebut berkat kekuatan dan kestabilan sinyal dari penyedia internet.

Internet berbasis satelit sudah menjadi solusi kelancaran akses karena sinyalnya yang lebih kuat dan stabil dibandingkan provider lainnya yang tidak berbasis satelit. Karenanya, teknologi internet satelit sudah banyak dikembangkan dan menjadi solusi tepat dalam komunikasi data secara digital.

Berdasarkan prinsip kerjanya, jaringan internet satelit ini terbilang praktis sesuai dengan namanya. Komponen penyusunnya yang praktis juga sesuai dengan cara kerjanya yang simpel. Jadi, jaringan internet satelit ini terdiri dari instalasi yang bertugas menangkap sinyal dari satelit dan mengirimkannya kembali agar dapat dikirimkan lagi ke titik instalasi internet satelit lainnya.

Penerimaan dan pengiriman data dapat berlangsung melalui sinyal yang berasal dari satelit ini. Perantara berupa instalasi jaringan internet satelit tersebut juga tidak terlalu besar karena umumnya diameter parabolanya kurang dari 3 meter. Dengan demikian, pemasangan instalasi dapat dilakukan dengan mudah.

Kekuatan sinyal dari satelit juga terbilang lebih stabil karena instalasi internet satelit mempunyai jangkauan yang luas. Keberadaan satelit di ketinggian juga mendukung kelancaran sinyalnya. Dengan demikian, cara kerja internet satelit dapat diandalkan.

Komponen Penting VSAT

Sesuai dengan cara kerjanya yang simpel tersebut, sudah dijelaskan di atas bahwa instalasi VSAT juga terbilang praktis. Setiap instalasi tersebut terdiri dari berbagai komponen penting yang mendukung kinerja sistem. Komponen internet satelit tersebut terdiri dari tiga bagian utama, yaitu ODU (Outdoor Unit), IDU (Indoor Unit), dan satelit.

Ketiga bagian utama tersebut terdiri atas beberapa bagian lagi yang saling terkait satu sama lain. ODU mempunyai beberapa bagian utama, yaitu BUC, LNB, dan antena. BUC (Block Up Converter) atau yang dikenal juga dengan nama transmitter (tx) berperan mengirimkan sinyal ke satelit, sedangkan LNB (Low Noise Block Up) berfungsi menerima sinyal dari satelit.

Komponen antena dalam instalasi internet satelit ini menggunakan parabola yang berukuran 2,8 meter yang dipasang di bagian atap, dinding, ataupun tanah. Jadi, antena ini sangat membantu memudahkan menjaga dan menstabilkan kekuatan sinyal dari satelit.

Komponen kedua adalah komponen internal yaitu IDU yang terdiri atas dua bagian. Kedua bagian tersebut adalah IFL dan modem. IFL (Inter Facility Link) adalah kabel penghubung antara IDU dan ODU yang dilengkapi konektor jenis BNC. Modem mempunyai fungsi untuk menyambungkan unit luar atau outdoor dengan IFL yang panjangnya kurang dari 50 meter.

Bagian instalasi internet satelit yang ketiga adalah satelit itu sendiri. mengingat perannya yang sangat penting dalam lalu lintas data dari jaringan VSAT, satelit ini berfungsi menghubungkan antar instalasi internet berbasis satelit untuk saling terhubung. Satelit yang digunakan merupakan satelit yang mengorbit ke bumi.

Semua komponen tersebut tentu saja saling berkaitan satu sama lain untuk menjalankan fungsi instalasi. Agar komunikasi data dapat berjalan selalu lancar, upayakan untuk melakukan pemeliharaan sistem, termasuk kondisi fisik berbagai komponen tersebut.

Setelah mengetahui cara kerja internet satelit secara detail, Anda dapat mengetahui bagaimana kecanggihan jaringan ini. Kekuatan dan kestabilan sinyalnya sangat membantu komunikasi data. Komponen VSAT yang berkualitas tersebut juga berkoordinasi dengan baik untuk menjalankan fungsinya. Lintasarta dapat membantu menyediakan infrastrukturnya dengan layanan berstandard.