Cara agar Bayi Tidak Mengalami Alergi Susu Sapi

Bayi memiliki sistem imun yang masih rentan terkena penyakit. Alergi merupakan salah satu masalah yang mudah terjadi pada bayi. Anda perlu menyikapinya dengan cermat agar tidak semakin parah. Sebelum menjalani tes alergi susu sapi pada bayi, Anda bisa mencegah agar bayi tidak mengalami alergi karena minum susu sapi dengan cara berikut yang bersumber dari situs Cek Alergi ini.

  1. Berikan Susu dari Bahan Kedelai

Jika Anda sudah mengonsumsi susu formula dari bahan sapi maka sebaiknya bayi jangan lagi mengonsumsi susu formula dari sapi. Anda bisa memberikan susu dari bahan kedelai agar tidak terjadi alergi pada kulit bayi. Protein yang ada di dalam susu kedelai berbeda dengan susu formula dari susu sapi karena mudah dicerna di dalam tubuh jadi tidak menyebabkan alergi.

Tanpa perlu melakukan tes alergi susu sapi pada bayi Anda bisa mengetahui terjadinya alergi dengan melihat ciri-ciri yang dialami. Bayi akan mengalami ruam atau gatal-gatal. Selain itu bisa saja mengalami ciri-ciri lain seperti susah buang air besar, muntah, dan gangguan pencernaan lainnya.

Biasanya jika kondisi sudah parah bisa melakukan tes agar mendapatkan hasil yang lebih akurat. Tes yang digunakan oleh dokter adalah tes darah, tes reaksi kulit, dan tes tinja. Tes ini juga bisa dilakukan agar lebih waspada sebelum masalah alergi semakin parah dan bisa segera diobati. Semua tes ini akan menunjukkan ciri terkena alergi protein dari susu sapi jika memang terjadi.

  1. Berikan Susu Formula Hidrolisat

Cara lainnya dengan memberikan susu formula hidrolisat untuk memenuhi kebutuhan bayi. Anda bisa menggunakan susu ini untuk memberikan kandungan protein yang dibutuhkan tubuhnya tanpa mengalami alergi. Kandungan susu ini mudah dihidrolisis sehingga tidak akan mengalami masalah. Pemberian susu ini pun dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

  1. Makanan Pendamping ASI tanpa Susu

Anda yang memiliki bayi sudah diberikan makanan pendamping ASI bisa mencegah reaksi alergi dengan memberikan makanan tanpa kandungan susu. Ada banyak sekali pilihannya yang bisa diberikan tanpa menggunakan susu formula.

Contoh makanan yang bisa diberikan dari olahan sayuran, buah-buahan, atau pun daging. Pemanis di dalam makanan bisa menggunakan susu dari bahan baku selain susu sapi atau pun menggunakan madu. Anda bisa mendapatkan madu dengan mudah dan sebaiknya memilih madu alami agar aman diberikan pada bayi.

  1. Ibu Berhenti Minum Susu

Terkadang ada beberapa kasus bayi tidak mengonsumsi susu formula dari susu sapi tetapi masih mengalami alergi. Ini terjadi karena kandungan susu yang dikonsumsi ibunya tidak cocok bagi bayi. Jadi untuk mencegah hal ini sebaiknya mengurangi konsumsi susu dari bahan susu sapi. Anda bisa mengganti susu formula yang dikonsumsi dengan susu kedelai.

Tes alergi susu sapi pada bayi ini bisa dilakukan kapan saja jika Anda merasa perlu untuk dilakukan. Informasi seputar alergi pada bayi bisa didapatkan juga di cekalergi.com. Anda akan mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi alergi yang dialami. Jika susu tersebut membuat alergi maka yang paling utama terjadi adalah masalah kulit.