Berbagai Jenis Alergi Pada Kulit Anak yang Harus Diobati

Jika membicarakan alergi pada anak, saat ini memang semakin banyak kasus mengenai alergi pada anak dan semakin meningkat. Salah satu jenis alergi yang banyak terjadi adalah alergi pada kulit anak. Hal ini juga sering terjadi, dengan sejalannya perubahan pola hidup masyarakat yang semakin modern.

Dengan perubahan yang semakin modern, membuat lingkungan sekitar yang ada menjadi penyebab paling besar dalam munculnya alergi kulit yang dialami oleh sang anak. Banyak gejala yang dirasakan seperti gatal, kemerahan, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah jenis alergi kulit yang terjadi pada anak.

Eksim Atopik

Jenis alergi kulit yang satu ini, adalah salah satu kondisi dimana sang anak menderita ruam yang terjadi pada kulit yang memang berbakat terhadap atopi. Hal ini biasanya terjadi pada individu, yang memiliki riwayat atau kepekaan terhadap atopi sendiri. Faktor yang menyebabkan sang anak mengalami jenis alergi ini cukup banyak.

Faktor yang biasanya menjadi penyebab, adalah dengan faktor genetic, lingkungan, obat-obatan, dan juga imunitas kulit sendiri. Banyak juga makanan yang dapat memicu alergi ini, yaitu susu, telur, gandum, kedelai atau bahkan kacang tanah. Selain itu, tungau dan juga debu rumah menjadi alasan lainnya jenis alergi ini dapat muncul.

Alergi Makanan

Jenis alergi kulit pada anak yang satu ini adalah, alergi makanan. Alergi makanan ini memiliki reaksi imun yang akan muncul sesaat anak memakan makanan tertentu. Reaksi yang diberikan juga beragam, seperti bibir yang membengkak ataupun pada lidah, dan juga saluran pernapasan. Bahkan terjadi juga untuk mengganggu gangguan pencernaan si kecil.

Jenis makanan yang biasanya menyebabkan alergi makanan adalah kedelai, gandum, susu, telur, makanan laut, kacang tanah dan masih banyak lagi. Biasanya juga alergi makanan ini akan muncul, setelah 2 jam anda mengkonsumsi makanan tertentu terutama untuk anak. Hal ini dapat menyebabkan kemerahan, gatal dan membuat anak anda menggaruk.

Alergi Obat

Alergi lainnya yang juga terjadi pada kulit si anak adalah alergi obat. Reaksi dari alergi obat ini juga merupakan hasil dari pelepasan dari histamine. Gejala yang dihasilkan juga beragam, seperti bengkak yang terjadi pada mulut dan juga tenggorokan. Gejala lainnya yang juga dialami oleh sang anak adalah mata yang merah dan juga mulut membengkak.

Jika nantinya sang anak menderita batuk berat atau bahkan anafliaksis, anak anda juga akan mengalami gangguan pada tenggorokannya. Bahkan akan merasakan pusing, pingsan, cepat mual, bahkan hingga sesak napas.

Alergi Dingin

Alergi dingin juga merupakan alergi kulit yang terjadi pada anak. Dalam hal ini, alergi kulit akan berubah menjadi merah, bengkak, bahkan juga gatal jika nantinya terkena suhu yang dingin. Gejala alergi dingin ini juga akan menimbulkan kulit yang membengkak saat kulit nantinya menghangat.

Alergi dingin pada anak ini, akan berupa pembengkakan saat anak tersebut memegang objek yang dingin, dan juga bibir dan juga kerongkongan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin sehingga akan membuatnya tidak nyaman.

Itulah beberapa jenis alergi, yang terjadi pada kulit anak. Anda juga harus dapat mengatasi bagaimana respon kulit sang anak, jika terjadi alergi yang dimiliki oleh anak tersebut. Anda dapat langsung mengkonsultasikannya kepada dokter agar dapat menangani berbagai jenis alergi yang dimiliki oleh sang anak.