Berbagai Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok yang Berlebihan

Masalah rambut paling umum yang dialami pria maupun wanita adalah adanya ketombe dan kerontokan rambut. Sebenarnya, rambut yang rontok tidak menjadi masalah jika kerontokan tersebut tidak lebih dari 100 helai per hari. Namun, ketika kulit kepala sudah berketombe, sensasi lain seperti gatal yang berlebihan, tentu akan membuat tidak nyaman. Terlebih, ketombe juga bisa memicu kerontokan rambut lebih banyak daripada biasanya. Inilah mengapa jika kamu punya masalah tersebut, cobalah untuk segera mencari cara mengatasi ketombe dan rambut rontok dari berbagai sumber, baik dari internet maupun dokter jika perlu.

Penyebab Ketombe dan Rambut Rontok

Ada beberapa macam penyebab ketombe dan juga rambut rontok, antara lain karena ketidakcocokan sampo, hal ini mudah sekali memicu masalah pada kulit kepala. Kepala akan gatal-gatal dan menyebabkan kulit kepala berketombe lebih banyak daripada yang seharusnya. Selain itu, kulit kepala berminyak juga menjadi sebab terpicunya ketombe. Hal itu akan membuat kulit kepala terlalu lembab, debu dan kotoran lain menempel dengan lebih banyak, dan akhirnya memicu ketombe.

Sedangkan untuk penyebab rambut rontok lebih beraneka ragam lagi. Mulai dari ketombe, kulit kepala kering, stress, kurang gizi, hingga karena penyakit tertentu. Penggunaan catok rambut yang berlebihan juga bisa memicu kerontokan.

Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok yang Parah

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok ini?

  1. Gunakan sampo yang cocok

Untuk mengatasi ketombe, cara tercepatnya adalah menggunakan sampo yang memang khusus ketombe. Beberapa sampo antiketombe mungkin akan membuat rambut kering dan menyebabkan rontok, jadi gunakan pelembap rambut setelah memakainya. Namun, jika kulit kepala Anda berminyak, tanpa pelembap rambut pun tidak masalah. Sampo antiketombe yang manjur biasanya mengandung beberapa bahan seperti selenium sulfide, asam salisilat, atau pyrinthione zinc.

  1. Menggunakan minyak alami

Sekarang memang banyak produk-produk perawatan rambut yang ampuh dan bisa ditemukan secara mudah di toko. Namun, produk kimia terkadang malah tidak cocok bagi beberapa orang. Untuk menghindari adanya iritasi lain karena ketidakcocokan, cobalah untuk memakai minyak alami. Contohnya seperti minyak peppermint, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak pohon teh, dan bahkan minyak kemiri. Usahakan membeli minyak murni, bukan yang sudah tercampur dengan bahan kimia.

Selain minyak-minyak alami tersebut, kamu juga bisa menggunakan tanaman seperti lidah buaya, jeruk nipis, atau bahkan lemon untuk mengatasi ketombe dan kerontokan rambut.

  1. Hindari produk-produk yang merusak rambut

Apa saja hal-hal yang merusak rambut? Contohnya cat rambut atau bahkan produk pelurus rambut. Cat rambut mengandung banyak sekali bahan kimia yang memicu kerusakan dan kerontokan, terlebih adanya alkolol, parfume, hingga pengawet di dalamnya akan memperparah kerontokan rambutmu. Biasanya, kulit kepala akan terlalu kering dan malah mengakibatkan dermatitis. Jika dibiarkan, bukan hanya rambutmu akan menipis tapi juga berketombe parah.

  1. Makan-makanan bergizi

Kekurangan gizi bukan hanya menyebabkan kulit kering, tapi juga kulit kepala ikut mengalami masalah. Rambut mudah rontok atau juga berketombe. Oleh sebab itu, banyak-banyaklah makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, E dan B. Makanan tersebut akan memberikan rambut nutrisi dari dalam, sehingga kerontokannya berkurang perlahan.

  1. Hindari stress berlebihan

Pemicu kerontokan biasanya karena kondisi pikiran yang kurang stabil. Bukan hanya berakibat pada jiwa yang kurang sehat, tubuh seperti pencernaan dan rambut pun ikut terpengaruh. Oleh sebab itu, usahakan untuk membuat diri bahagia atau setidaknya mengendalikan stress supaya tidak berlebihan.

Demikian adalah beberapa tips atau cara mengatasi ketombe dan rambut rontok secara berlebihan. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu yang mengalami masalah demikian.