Beberapa Resep Udang Asam Manis Yang Enak dan Lezat

Udang merupakan salah satu jenis seafood yang sangat populer. Karena selain memiliki cita rasa yang lezat, udang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dimana, udang merupakan salah satu makanan laut yang kaya nutrisi. Dalam 85 gram udang matang, terkandung 84 kalori dan 20 gram protein. Selain itu, udang juga memiliki kandungan berbagai mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan zinc.  Bukan hanya itu, udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, dan yodium yang sangat baik untuk tubuh. Yang menariknya, kandungan lemak dalam udang tergolong sangat rendah.

Selain banyak manfaatnya, udang juga memiliki banyak menu varian yang disajikan salah satunya adalah udang asam manis. Rasanya yang enak membuat menu makanan ini banyak digemari orang, apalagi jika disantap bersama nasi hangat. Sesuai dengan namanya, sajian asam manis memadukan cita rasa asam dan manis yang segar jika disantap. Bagi anda yang ingin mencoba sendiri membuat udang asam manis ini di rumah, berikut beberapa resep udang asam manis yang enak dan lezat :

  1. Udang Asam Manis

Bahan – Bahan :

1 bks udang

½ bawang bombay

3 buah bawang putih

3 cabe rawit

2 sendok makan saos tiram

3 sendok makan saos tomat

3 sendok makan saos sambal

½ sendok teh gula

Cara Pembuatan :

– Langkah pertama udang kupas, kerat punggung, cuci bersih, haluskan bawang putih dan cabe, kemudian sisihkan, slice bawang bombay.

– Lalu tumis bumbu halus, masukkan bawang bombay, tumis hingga mengeluarkan aroma harum, kemudian masukkan udang, tambah air sedikit, gula, saos tiram, saos cabe, saos tomat, aduk hingga masak, dan jangan terlalu lama sampai udang berubah warna, koreksi rasa.

– Angkat dan sajikan.

  1. Udang Tempura Saus Asam Manis

Bahan – Bahan :

¼ udang ukuran sedang

½ bawang bombay

2 siung bawang putih

1 buah lombok besar

2 sendok makan saus tomat

½ sendok makan maizena

2 sendok makan gula pasir

50 gr tepung panir

4 sendok makan tepung serbaguna

air secukupnya

Cara Pembuatan :

– Langkah pertama udang cuci bersih buang kulit dan sisakan sedikit di bagian ekor, jangan lupa juga bersihkan bagian punggungnya dengan menggunakan pisau atau tusuk gigi.

– Lalu cincang bawang putih dan bawang bombay lombok besar iris tipis memanjang.

– Kemudian tepung cairkan dengan air atur kekentalannya. Lalu celupkan ke dalam tepung. Langkah selanjutnya balur dengan tepung panir dan lakukan sampai habis.

– Goreng udang dengan api kecil sampai matang kekuningan, sisihkan.

– Siapkan wajan untuk membuat saus asam manis, tuang minyak goreng sedikit saja untuk menumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan wangi, masukkan saus tomat, gula, garam sedikit dan larutan maizena tambah air sedikit, koreksi rasa jika sudah cukup matikan api kompor.

– Lalu tata udang di atas piring siram dengan saus asam manis di atasnya atau bisa juga dengan cara dicocol saja. Jika ingin lebih awet kriuknya dicocol tapi jika langsung disiram udang juga tidak ada masalah.

Wah enak-enak kayanya nih? Supaya tidak penasaran anda bisa mencoba sendiri resep udang asam manis di atas.