Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Kulit memang termasuk bagian tubuh yang cukup sensitif. Oleh karena itu, cukup banyak masalah yang terjadi pada kulit yang tentu saja cukup mengganggu, salah satunya adalah kulit kering. Ya, kulit yang kering bisa dikatakan sebagai gangguan yang sering muncul dan tentu saja akan membuat mereka yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Apa yang terjadi saat masalah kulit ini muncul biasanya adalah kulit yang tampak bersisik dan tentu saja kotor. Anda yang peduli dengan penampilan, tentu akan merasa terganggu dan berusaha untuk mengatasi masalah ini dengan cepat.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang beberapa penyebab serta bagaimana cara mengatasi masalah kulit yang kering ini dengan segera. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beberapa Penyebab Kulit Menjadi Kering

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi kulit yang kering, ada beberapa penyebab dari gangguan kesehatan ini yang harus diketahui lebih dulu. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu saja Anda bisa memilih cara penanganan yang cenderung tepat.

Nah, adapun beberapa hal yang menjadi sebab kulit kering tersebut adalah sebagai berikut:

  • Iritasi

Salah satu penyebab gangguan kulit kering adalah iritasi. Iritasi ini bisa terjadi karena beberapa sebab yang sangat beragam, seperti penggunaan sabun yang tidak tepat hingga parfum yang memiliki kandungan yang tertentu.

  • Menggosok kulit

Beberapa orang seringkali menggosok kulit untuk membersihkan kulit mereka. Namun, hal yang tidak disadari adalah ternyata kebiasaan menggosok kulit ini akan membuat kulit menjadi kering. Terlebih, jika seseorang tersebut menggosok kulit menggunakan spoon.

  • Bertambahnya usia

Usia yang terus bertambah juga menjadi salah satu sebab kenapa kulit menjadi kering. Saat usia semakin tinggi, maka ada mekanisme yang berubah dari kulit. Hormon akan cenderung berkurang sehingga kulit akan cenderung lebih mudah kering daripada sebelumnya.

  • Mandi uap

Mandi uap sering menjadi pilihan untuk merasakan sensasi yang menenangkan. Namun, ternyata, kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit menjadi cepat kering. Mandi uap akan membuat minyak alami kulit menjadi hilang sehingga permukaan kulit akan cenderung kering.

Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering

Berbincang tentang masalah kulit kering, ada beberapa cara alami yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah ini. Menggunakan cara alami tentu bisa menjadi opsi yang tepat guna dilakukan, karena selain mudah juga aman untuk kulit yang sensitif.

Adapun cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan olive oil

Olive oil menjadi bahan alami pertama yang sangat bagus untuk mengatasi kulit kering. Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan pelembap alami yang akan mampu memberikan nutrisi tambahan untuk kulit. Dengan mengoleskan olive oil secara teratur, masalah kulit kering akan bisa diatasi dengan baik.

  • Menggunakan susu

Susu juga bisa diandalkan untuk mengatasi kulit kering. Nah, bahan yang satu ini akan memberikan sensasi menenangkan pada kulit sehingga masalah kulit yang kering bisa diatasi dengan cepat. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mencelupkan kain ke dalam susu dan kemudian memerasnya untuk diusap di bagian kulit yang kering secara merata.

  • Menggunakan madu

Bahan alami lain yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah kulit kering adalah madu. Dalam hal ini, madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi di mana bisa diandalkan untuk melembapkan kulit. Untuk menggunakan madu, oleskan madu pada bagian kulit yang kering secara merata dan diamkan sekitar 10 menit lalu bilas saat mandi.

Nah, beberapa cara di atas bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering. Semoga membantu!