Baru Beli Asuransi? Ketahui Hal Mengenai Polis Asuransi Ini

Anda sudah membeli asuransi belum lama ini? Kerja bagus. Jika sudah membeli asuransi itu berarti manfaat dan fungsi penting asuransi telah Anda ketahui. Asuransi memiliki manfaat penting untuk diri sendiri maupun anggota keluarga kita. Nantinya Anda akan mendapatkan polis asuransi ketika proses pendaftar dan beli asuransi selesai.

Bagi sebagian orang mungkin kurang mengerti dan bingung maksud dan kegunaan benda tersebut. Namun tenang saja, berikut akan kami membahas masalah asuransi terutama polis yang tadi disebutkan. Berikut ini penjelasannya!

Apa yang Dimaksud Polis dalam Asuransi?

Polis merupakan sebutan untuk dokumen legal dimana tertuang di dalamnya berupa kontrak tertulis antara pihak asuransi dan pihak pemegang polis (pihak yang membeli asuransi). Baik itu hak dan kewajiban antara pihak asuransi dan pihak pemegang polis tertuang dalam isi kontrak tertulis dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Secara umum dipastikan dalam kontrak bahwa:

  • Data-data yang diberikan dan dituang dalam informasi pribadi pemegang polis benar dan akurat, serta sesuai yang tertulis dalam dokumen legal tersebut pemegang wajib membayarkan premi sesuai dengan kesepakatan.
  • Pihak asuransi akan mengeluarkan asuransi apabila ada masalah terjadi sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati bersama dalam dokumen legal tersebut.

Beli Asuransi? Ketahui Hal Penting Mengenai Polis Berikut

Ada beberapa poin penting yang diketahui oleh pemegang polis yang telah membeli asuransi, berikut penjelasannya.

Mendapatkan Hak-nya untuk Free-Look Period

Free look period merupakan hak yang akan didapatkan semua orang dan Anda wajib tahu mengenai hal ini. Free look period atau nama keren dari masa peninjauan polis merupakan masa dimana berhak mempelajari polis yang didapatkan nasabah dalam waktu 14 hari.

Pada masa tersebut, polis yang diberikan bisa dikaji dan dipelajari lebih dalam dengan cara nasabah membaca informasi-informasi yang ditulis mendetail dalam dokumen. Anda bisa membatalkan membeli asuransi jika tidak menyukai ketentuan dari pihak asuransi selama masih dalam masa peninjauan. Hak pengembalian premi juga wajib didapatkan nasabah apabila memutuskan untuk membatalkan asuransinya tersebut. Contoh mudahnya, misal Anda membeli baju olshop namun ada kerusakan atau tidak sesuai ukuran maka dapat mengajukan refund dan uang dikembalikan.

Data Pribadi yang Akurat

Data pribadi yang disertakan dalam pembelian asuransi harus diperiksa dengan lebih jeli lagi. Data pribadi harus sesuai dengan KTP meliputi nama, tertanggung dan ahli waris. Bahkan alamat email dan no hp juga harus diisi dengan benar. Jadi sebelum menyerahkan kembali dokumen yang berisi data pribadi, pastikan terlebih dahulu data pribadi Anda sudah benar dan akurat. Mintalah pihak asuransi meralat atau mengedit data diri apabila terjadi kekeliruan dan isi kembali dengan data yang benar.

Apa yang Dimaksud dengan Premi?

Asuransi yang dibeli wajib dibayar setiap bulannya dan premi merupakan sebutan dari uang yang dibayarkan nasabah. Perlu dicatat jumlah premi setiap orang berbeda-beda tergantung pilihan saat awal pendaftaran dan ini bisa dibayar perbulan atau pertahun.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai dokumen legal tersebut. Jika masih kurang paham maka Anda dapat mengunjungi website Super You untuk belajar seputar asuransi.

Selain itu, Super You juga menyediakan asuransi mulai dari Rp. 30.000/bulan yang bisa dibeli. Sebagai langkah awal, Anda bisa membeli asuransi jiwa yang merupakan hal paling dasar.