6 Kesalahan saat Ganti Oli Mobil yang Harus Dihindari

Penggantian oli mobil yang dilakukan secara rutin merupakan salah satu cara merawat performa mobil. Hal ini wajib untuk dilakukan oleh pemilik mobil. Sayangnya, masih banyak kesalahan yang dilakukan saat melakukan penggantian oli. Berikut adalah 6 kesalahan saat ganti oli mobil yang harus Anda hindari.

  1. Tidak Mencatat Waktu

Penggantian oli mobil harus dilakukan secara berkala. Penting sekali untuk mencatat kapan oli mobil Anda sudah diganti. Jika oli mobil diganti di bengkel, biasanya pihak bengkel akan membuat catatan. Namun, jika Anda melakukannya sendiri di rumah maka Anda yang harus membuat catatan sendiri.

Catatan ini akan membantu Anda mengingat kapan terakhir kali oli mobil diganti. Jika Anda mencatat secara rutin maka Anda juga tidak akan terlambat melakukan penggantian oli mobil Anda. Jika oli mobil diganti tepat waktu, performa mesin mobil Anda akan selalu stabil.

  1. Tidak Memperhatikan Filter Oli

Bukan hanya kondisi oli yang harus diperhatikan, tapi juga filter olinya. Oli mobil Anda mungkin sudah diganti secara rutin, namun mengapa performa mesin tidak stabil? Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kondisi filter oli yang sudah tidak layak tapi tetap digunakan dan tidak diganti.

Penting sekali untuk memeriksa filter oli Anda. Perhatikan apakah ada kotoran yang menumpuk pada filter oli atau tidak. Pastikan juga filter oli diganti jika memang sudah tidak layak pakai. Filter oli yang kondisinya tidak bagus bisa menyebabkan sirkulasi oli tidak lancar dan kualitas oli jadi menurun.

  1. Kesalahan Menutup Filter Oli

Jika Anda melakukan penggantian oli mobil sendiri di rumah, maka pastikan Anda menutup kembali filter oli dengan kencang. Namun, sering terjadi kesalahan filter oli ini ditutup terlalu kencang. Anda memang harus memastikan penutup filter terpasang dengan rapat namun tidak perlu terlalu kencang.

Jika Anda menutup filter oli terlalu kencang maka Anda akan kesulitan melepaskannya saat oli harus diganti. Oleh karena itu, cukup pasang penutup filter dengan rapat tak perlu berlebihan saat mengencangkannya.

  1. Penggunaan Semprotan Angin

Ganti oli mesin dilakukan dengan cara menguras oli lama dan mengisi oli baru. Anda harus menunggu oli lama benar-benar habis terkuras sebelum menuangkan oli baru. Seringkali digunakan semprotan angin untuk mempercepat oli lama keluar. Tindakan ini salah dan tidak dianjurkan karena bisa mengganggu kondisi mesin mobil Anda.

Semprotan angin bisa mendorong kotoran pada filter oli menyebar di bagian mesin mobil. Hal ini tentu tidak bagus bagi performa mesin Anda. Sebaiknya, tunggu saja oli lama mengalir keluar secara alami tidak perlu didorong memakai penyemprot angin.

  1. Menggunakan Sembarang Oli

Penggantian oli mobil harus dilakukan dengan baik dan benar. Bukan hanya cara penggantiannya yang harus benar, namun jenis oli yang dipilih juga harus tepat. Jangan memilih sembarang oli untuk digunakan pada mobil Anda. Anda harus memilih jenis oli yang berkualitas dan memiliki spesifikasi yang sama.

Sebenarnya tidak masalah jika Anda ingin mengganti merek oli. Penggunaan merek oli yang berbeda tidak akan menimbulkan masalah pada mesin mobil Anda. Namun, perlu diketahui bahwa oli tetap harus memiliki spesifikasi yang sama dan kadar kekentalannya juga sama.

  1. Oli Diganti saat Warna Oli Berubah

Anda harus memeriksa kondisi oli secara rutin. Seringkali orang menemukan oli mobil mereka berubah warna menjadi lebih pekat. Setelah itu mereka segera melakukan penggantian oli karena warnanya berubah. Hal ini sebenarnya salah karena perubahan warna oli bukanlah sebuah tanda bahwa oli harus segera diganti.

Perubahan warna tersebut justru menjadi sebuah indikator bahwa oli telah bekerja dengan baik. Perubahan warna ini juga bisa terjadi karena oli mengikat kotoran-kotoran supaya tidak terjadi pengendapan. Jadi, lebih baik ikuti saja jadwal penggantian oli sesuai dengan catatan bukan berdasarkan perubahan warna oli.

Itulah tadi 6 kesalahan yang sering terjadi saat ganti oli pada mobil Anda. Pahami dengan baik seperti apa cara dan aturan penggantian oli mobil yang baik dan benar. Anda bisa mencoba melakukan penggantian oli mobil sendiri di rumah tanpa perlu memanggil montir atau pergi ke bengkel.