6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Mesin Espresso

Industri kopi semakin berkembang membuat penjualan mesin-mesin pembuat kopi laku keras. Maka dari itu, diperlukan sebuah mesin yang memiliki performa bagus. Sebelum Anda memilih mesin espresso berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan mesin kopi yang tepat.

1.    Negara Produksi

Sebagai penikmat kopi, negara produksi mesin kopi menjadi persoalan yang seru untuk diperbincangkan namun tidak untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Salah satu jenis mesin kopi espresso yang bisa Anda pilih adalah mesin kopi yang berasal dari negara Italia karena negara ini merupakan negara pertama yang menciptakan espresso.

2.    Daya Listrik

Besar daya listrik juga menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin espresso. Anda harus memperhatikan apakah daya listrik di rumah atau di kedai kopi Anda mampu atau tidak untuk menjalankan mesin kopi tersebut.

Selain itu, sistem pemanas air apakah menggunakan daya listrik atau menggunakan gas yang bisa dipasangkan pada mesin. Mesin kopi yang menggunakan gas akan lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan daya listrik.

3.    Material Body

Selain daya listrik, hal penting yang harus Anda pertimbangkan adalah bahan yang digunakan untuk membuat mesin kopi. Biasanya, orang-orang akan memilih bahan yang terbuat dari bahan padat karena akan mendukung ketahanan fisik dari mesin kopi espresso. Namun, saat membeli mesin, Anda juga harus memperhatikan beberapa bagian-bagian seperti pegangan portafilter dan fitur-fitur lainnya.

4.    Kapasitas Boiler

Banyaknya kapasitas air yang bisa ditampung boiler juga perlu diperhatikan, hal ini karena boiler berfungsi untuk menyediakan air seduhan untuk membuat secangkir kopi espresso ketika di shot. Umumnya, kapasitas boiler harus dilengkapi dengan pemanas air yang mumpuni karena akan menghemat waktu ketika membuat kopi espresso.

5.    Double Boiler atau Heat Exchanger

Nah, jika Anda memilih mana yang lebih bagus antara double boiler atau heat exchanger maka jawabannya adalah tergantung kebutuhan Anda dalam menyajikan kopi espresso. Namun, sebelum memilih sebaiknya Anda mengetahui bagaimana double boiler tercipta. Hal ini karena sistem heat exchanger diciptakan terlebih dahulu dibandingkan dengan double boiler.

6.    Water Pump

Perlu diketahui, semakin tinggi tekanan shot untuk mengekstraksi bubuk kopi bukan menjadi indikator untuk mendapatkan rasa espresso yang nikmat. Maka dari itu, saat membuat espresso hal yang harus diperhatikan bukanlah seberapa tinggi tekanan water pump namun banyak indikator apakah biji kopi yang digunakan baik, suhu air seduhan, dan kualitas tampung.

Selain itu, hal ini juga terkait dengan keahlian Anda untuk menggunakan mesin kopi espresso. Jangan sampai Anda terlalu fokus menambahkan tekanan pada water pump saat membuat secangkir kopi espresso meskipun tekanan tinggi air seduhan dapat membantu mendapatkan kualitas minuman yang baik, namun sebaiknya Anda fokus untuk menciptakan espresso yang nikmat.

Itulah 6 hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum Anda membeli mesin espresso. Pastikan Anda benar-benar memilih dengan benar dan sesuai kebutuhan agar tidak menyesal dikemudian hari. Nah, jika Anda ingin membeli mesin kopi, kunjungi laman berikut ini dolce-gusto untuk rekomendasi mesin-mesin kopi terbaik!