5 Tips Menjaga Kesehatan Janin untuk Ibu Hamil

Penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan janin selama 9 bulan masa kehamilan. Ingatlah bahwa janin akan terus berkembang dengan sehat hingga lahir jika ibunya sehat. Bagaimana cara merawat kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan? Jawabannya hanya satu: menjalani pola hidup sehat selama hamil.

Menjaga kesehatan ibu hamil memang harus konsisten. Namun, hal tersebut bukan tidak mungkin jika ibu hamil menerapkan gaya hidup sehat seperti:

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kondisi kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada gaya hidup sehat ibu hamil. Isi piring Anda dengan berbagai makanan sehat bergizi untuk menunjang kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan.

Bagi para ibu, mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terhindar dari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan saat hamil, dan tetap sehat. Kesehatan janin akan jauh lebih baik jika menerapkan hidup sehat.

Sementara itu agar ibu hamil tetap sehat hindari makan daging setengah matang, jeroan, dan junk food. Makanan tersebut kaya lemak trans dan perlu dihindari selama ibu hamil menjalani pola hidup sehat.

Selain itu, hindari makan ikan yang tinggi merkuri selama kehamilan, seperti tuna, mackerel, dan ikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

  1. Konsumsi Vitamin Prenatal

Mengonsumsi vitamin prenatal dianjurkan untuk kesehatan ibu hamil sebagai olahraga yang mengarah pada gaya hidup sehat.

Konsumsi gizi ibu hamil pada kenyataannya sebagian besar dipenuhi dari makanan sehari-hari. Namun vitamin dapat membantu memenuhi dan memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan.

Vitamin ini sebaiknya dikonsumsi sebelum kehamilan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang vitamin prenatal apa yang benar-benar Anda butuhkan.

Jika mengonsumsi vitamin saat hamil membuat Anda mual, cobalah meminumnya di malam hari atau mengunyah permen karet saat Anda merasa mual.

  1. Rutin Berolahraga

Kehamilan bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga masih menjadi bagian penting dari gaya hidup ibu hamil yang sehat agar kesehatan janin terjaga.

Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi tubuh, memperkuat otot dan mengurangi stres selama kehamilan. Olah raga juga mendukung kecerdasan bayi dalam kandungan.

Usahakan menyisihkan 30 menit setiap hari untuk berolahraga demi kepentingan ibu hamil. Anda tidak perlu berolahraga berat. Aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki, berenang, dan bahkan yoga umumnya aman dilakukan selama kehamilan.

  1. Stop Konsumsi Rokok dan Alkohol

Agar ibu hamil dan rahim tetap sehat selama 9 bulan ke depan, hindari merokok dan minum minuman beralkohol.

Saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran ketika rutin konsumsi rokok dan alkohol. Kedua kebiasaan buruk ini juga dapat meningkatkan risiko persalinan prematur, lahir mati, cacat lahir, atau berat badan lahir. Karena itu, pastikan ibu hamil menjalani pola hidup sehat, bebas rokok dan alkohol.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, dianjurkan untuk minum air putih yang cukup setiap hari. Asupan cairan yang cukup membantu aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk rahim, untuk diterima janin.

Tak hanya itu, kebiasaan ini juga membantu mencegah segala macam gangguan kesehatan janin. Ada banyak masalah yang bisa dicegah, di antaranya dehidrasi, kelelahan, anemia, sembelit, wasir, dan infeksi saluran kemih.

Usahakan minum 8 hingga 10 gelas air sehari. Agar Anda tidak bosan minum air putih yang terasa hambar, coba tambahkan irisan lemon, strawberry, atau jeruk nipis untuk kesegaran ekstra.