5 Persiapan Persalinan Caesar yang Wajib Ada agar Lancar

Persalinan caesar merupakan upaya alternatif ibu yang hendak melahirkan. Maka dari itu, persiapan persalinan ini pun lebih kompleks. Sebab, bisa menyangkut banyak hal. Perasaan pun terasa tidak keruan. Ada rasa takut, bahagia, bingung, khawatir, dan macam-macam. Berikut 5 persiapan yang wajib ada sebelum proses persalinan berjalan.

  1. Sudah Sesuai dengan Indikasi Dokter

Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang ibu menjalani operasi caesar untuk melahirkan. Secara umum, operasi ini hanya bisa dilakukan pada seorang ibu yang berusia di atas 40 tahun, terkena diabetes, adanya penyakit menular, dan sebagainya. Bisa pula akibat terjadinya ketuban pecah secara dini.

Tidak hanya dari sisi ibu saja. Operasi ini juga diterapkan ketika si janin memiliki ciri tertentu. Mulai dari perkiraan berat badannya yang mencapai 4 kilogram, denyut jantung tak normal, tali pusarnya melilit bayi, dan sebagainya. Untuk itu, perlu sekali berkonsultasi dengan dokter ahli. Biar upaya operasi ini berjalan dengan lancar dan tepat guna.

  1. Mental Mesti Siap 100%

Sebelum operasi, sering-seringlah berpikiran positif. Kemudian pasrahkan segalanya kepada Yang Maha Kuasa. Bayangkan yang baik-baik saja. Misalnya saat si buah hati sudah berada di sisi Anda sambil menangis, tersenyum, serta tertawa. Apabila masih terasa sulit, bisa ajak suami untuk bareng-bareng menyiapkan persalinan.

Persiapan ini tidak bisa disepelekan. Sebab, saat Anda berjuang melahirkan si bayi, sama halnya dengan bertarung untuk hidup dan mati. Segala kemungkinan bisa terjadi. Baik atau buruk. Ketika pikiran dan mental sudah siap 100%, yakinlah bahwa keajaiban pasti datang. Salah satunya ketika si kecil bisa lahir dengan keadaan normal.

  1. Memilih Dokter yang Tepat

Persiapan persalinan sebelum operasi caesar mesti diperhatikan secermat mungkin. Salah satunya saat memilih dokter untuk kebutuhan operasi. Sebaiknya, pilih dokter atau bidan yang tidak hanya profesional, tetapi juga bisa bikin nyaman saat berkomunikasi. Telisik kembali bagaimana reputasi dokter atau bidan tersebut. Sering mendapat keluhan atau tidak.

  1. Pilih Klinik serta Rumah Sakit yang Tepat

Saat ini sudah ada program BPJS yang sangat membantu kebutuhan biaya persalinan. Akan tetapi, perlu pilih-pilih rumah sakit juga. Biar potensi bayar double karena ada kesalahan teknis bisa berkurang atau bahkan ditiadakan. Pilih pula yang pelayanannya serba-ramah dan memerhatikan betul-betul apa yang dibutuhkan para pasiennya.

  1. Sahur Dulu Sebelum Puasa

Sudah umum jika sebelum operasi, pasien mesti puasa dulu. Tapi, saat masanya sahur, jangan lupa makan, ya. Biasanya pihak rumah sakit akan menghubungi pasien sekitar 4-6 jam sebelum operasi. Sayang jika kesempatan untuk berpuasa dilewatkan.

Operasi caesar selalu terdengar menakutkan bagi sebagian besar orang. Tapi kalau sudah dijalani, akan berbeda dengan bayangan menakutkan tersebut. Untuk mempersiapkan persalinan, Anda bisa berbelanja berbagai kebutuhan pra-operasi via Orami. Bagaimana pun, persiapan persalinan jelang operasi caesar itu bersifat mutlak.