5 Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

Anda mungkin bertanya-tanya apa kaitan antara kesehatan sistem pencernaan dan kualitas sistem imun. Ternyata, sekitar 70% sel imunitas tubuh terdapat di saluran pencernaan. Sama halnya pada anak-anak. Jika sistem pencernaannya sehat, maka imunnya akan kuat dan stabil. 5 cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya ini sangat membantu secara efektif.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Kesehatan pencernaan anak dapat dijaga dengan memenuhi kebutuhan cairan. Asupan cairan ini sangat bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Proses pemecahan dan penyerapan sari makanan akan optimal jika asupan cairan terpenuhi. Proses BAB juga lancar dan tidak menyebabkan sembelit.

Proses pencernaan yang baik tersebut akan mendukung pengoptimalan energi dan menjaga mood anak agar tetap aktif dan ceria. Dengan demikian, sistem imunnya juga kuat dan stabil untuk memerangi penyebab penyakit.

  1. Memberi Makanan Berserat Tinggi

Makanan yang berserat tinggi juga sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Anda harus memperhatikan asupan sehat ini dengan memberikan sayuran hijau dan buah-buahan. Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan kale sangat menyuplai kebutuhan serat harian anak. Yoghurt juga dapat memenuhi kebutuhan serat anak.

Terpenuhinya kebutuhan serat harian anak, proses pencernaannya akan lancar. BAB menjadi lancar karena terdapat serat yang cukup. Agar anak mau mengonsumsi makanan sehat yang berserat tersebut, berikan olahan menu yang lezat dan menarik.

  1. Memberi Makanan Bergizi Lengkap dan Seimbang

Memberikan nutrisi lengkap dan seimbang merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Dengan memenuhi asupan sehat bernutrisi tersebut, proses metabolisme akan lancar, termasuk proses pencernaan. Jadi, sistem imun si kecil akan optimal karena nutrisi tersebut memenuhi kebutuhan energi dan menunjang kerja setiap organ tubuh.

  1. Memilih Susu yang Sesuai

Memberikan susu formula yang sesuai untuk anak harus dilakukan. Pilihlah produk susu yang berkualitas dan masih layak konsumsi dengan melihat tanggal kedaluwarsanya. Hal ini penting untuk menghindari keracunan atau gangguan pencernaan lainnya. Tak hanya itu, susu yang diberikan harus sesuai dengan usia anak agar nutrisinya juga sesuai dengan kebutuhan.

Energi yang diperoleh dari susu formula akan menyehatkan anak. Komponen gizi yang ada dalam susu juga mendukung kelancaran proses pencernaan sebagai penambah asupan cairan. Susu yang berkualitas dan sesuai usia anak, tentu akan memperbaiki fungsi saluran pencernaan karena memelihara bakteri baik dalam saluran cerna.

  1. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan sangat berkaitan dengan kesehatan pencernaan. Anda harus mengajarkan anak mencuci tangan sebelum makan, sebelum tidur, dan setelah memegang benda kotor atau asing. Tujuannya agar tangan selalu bersih demi menjaga kesehatan tubuh, terlebih pencernaan.

Kebersihan makanan juga tak boleh diabaikan yaitu menjaga kebersihan tangan saat mengolah makanan dan memastikan perlengkapan memasak higienis. Perlengkapan makan dan minum juga harus dipastikan kebersihannya. Semua ini akan menghindarkan anak dari gangguan pencernaan.

Semua bakteri baik yang terdapat dalam saluran pencernaan dapat terjaga dengan menjaga kesehatan pencernaan. Semua itu dilakukan demi kekuatan dan kestabilan sistem imun si kecil. anda bisa menerapkan berbagai cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya yang lengkap tersebut. Jangan bosan menerapkan semua itu demi imunitas optimal.