4 Tips Mengajarkan Anak untuk Bisa Menjadi Dermawan

Sikap anak perlu dibentuk dengan didikan yang tepat dari kecil. Jika ingin membuat anak menjadi dermawan, maka tugas Anda untuk membentuknya dengan baik. Berikut ini tips untuk mengajarkan anak Anda agar bisa menjadi orang yang dermawan.

  1. Berikan Contoh

Ajarkan anak dengan memberikan contoh yang nyata kepadanya dari diri Anda sendiri. Mulailah mengenalkan anak dengan uang yang dimilikinya. Setelah itu lakukan dengan baik di depan anak dengan memasukkan uang yang dimiliki kedalam kota donasi atau membagikannya kepada seseorang yang layak.

Anda harus melibatkan anak dalam melakukannya sehingga anak menjadi terbiasa. Dermawan tidak hanya dari uang yang diberikan. Anda bisa juga memberikan contoh dermawan dengan membagi-bagi makanan kepada anak. Dalam melakukan langkah ini libatkan anak di setiap Anda melakukannya agar anak dapat melihat langsung.

  1. Mengajak Anak ke Tempat Umum

Berhubung sekarang banyak sekali terjadi bencana, Anda bisa mengajarkan kedermawanan kepada anak dengan membawanya ke tempat umum. Tempat yang dimaksud seperti mesjid, bazar, atau tempat-tempat yang menerima sumbangan atau pun donasi.

Anda bisa membawa anak saat melakukan sumbangan berupa baju, makanan, atau pun uang. Anak akan melihatnya dan tentu akan bertanya untuk apa Anda melakukannya. Pada tahap inilah Anda bisa menjelaskan dengan baik kepada anak perihal tolong-menolong. Langkah ini akan berpeluang besar untuk menanamkan sikap dermawan di dalam diri anak Anda.

  1. Mengajarkan Empati

Tahap parenting anak untuk mengajarkan sikap dermawan ini dengan mengenalkan anak pada empati. Sebuah sikap merasakan apa yang sedang dirasakan oleh orang lain. Anda bisa memulainya dengan teman anak di sekolah.

Misalnya, ketika ada yang terjatuh dan anak Anda tidak melakukan apa-apa. Saat inilah waktu yang tepat untuk langsung menasehati anak. Mengatakan padanya ketika ada yang jatuh tentu anak akan merasakan sakit dan itu juga yang dirasakan oleh temannya.

Katakan bahwa anak harus menolong seseorang yang sedang dalam kondisi yang susah. Bisa pula dengan mengajarkannya di rumah seperti ketika Anda merasa lelah seharian bisa berbagai kepada anak. Anak akan merasakannya dan menjaga sikap agar tidak membuat Anda semakin capek.

  1. Berbagi Kebahagiaan

Anda dapat mengajarkan sikap dermawan kepada anak dengan mengajarinya untuk berbagi kebahagiaan. Misalnya saja Anda membelikannya sebuah permen atau pun cokelat, buatlah anak mau membagikan miliknya kepada orang lain agar ikut merasa bahagia. Anda bisa memulainya secara perlahan dengan memberikan bujukan dan penjelasan kepada anak untuk saling berbagi.

Tips parenting anak untuk mengajarinya bisa memiliki sikap yang dermawan harus dilakukan bertahap dan berulang. Anak harus memiliki pemahaman yang baik perihal dermawan agar bisa menerapkannya secara terus menerus di kemudian hari. Anda harus terus memberikan contoh kepada anak agar bisa membuatnya semakin paham akan sikap dermawan.