4 Cara Membasmi Rayap di Rumah Paling Ampuh dengan Bahan Alami

Memiliki banyak perabot dengan bahan kayu lebih rentan terhadap risiko lapuk dan hancur akibat rayap. Tidak heran jika banyak orang mencari cara membasmi rayap di rumah yang ampuh dan efektif sehingga bisa menjaga eksistensi barang berbahan kayu yang ada di rumah.

Seperti yang Kita ketahui, perabot berbahan kayu memiliki nilai lebih dibanding dengan perabot plastik.

Bukan hanya bentuknya yang menarik ataupun kekuatannya, tapi keunikannya dari beberapa detail yang diukir secara manual berhasil menambah nilai estetik dari barang itu sendiri.

Wajar saja jika harganya melambung, seimbang dengan harga bahan mentah juga ide dan tenaga yang dikeluarkan oleh seniman ukir kayu.

Cara Membasmi Rayap di Rumah

Sudah beli perabot kayu mahal-mahal, tapi lapuk dan roboh seketika karena dimakan rayap? Siapa yang tidak kesal?

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Kami akan memberikan beberapa daftar mengenai cara membasmi rayap di rumah yang bisa Kamu coba, dengan bahan yang mudah didapat tentunya.

  1. Asam Borat

Senyawa kimia yang memiliki nama ilmiah boric acid ini biasa dijadikan bahan cairan yang berfungsi untuk membunuh habis serangga. Tidak terkecuali rayap.

Alasan asam borak tepat dijadikan sebagai pembasmi rayap pada perabot kayu tidak lepas dari kerjanya yang cepat, tepat, dan tuntas tentunya.

Untuk cara penggunaannya sendiri, Kamu bisa memasukkan cairan asam borat ke dalam wadah semprotan untuk mempermudah dalam pengaplikasiannya.

  1. Larutan Garam

Larutan garam ternyata juga bisa membasmi rayap yang ada, lho!

Penggunaannya juga sangat mudah dilakukan sendiri, selain itu tentu harganya sangatlah murah. Apalagi selalu tersedia di dapur.

Cara untuk menggunakannya adalah dengan mencampur rata semangkuk garam bersamaan dengan setengah liter air. Lalu masukkan ke dalam wadah semprotan.

Semprotkan campuran larutan garam dan air tadi ke bagian sarang rayap. Semua bagian harus disemprot tak bersisa agar rayap bisa mati dengan tuntas.

Tipsnya adalah tetap biarkan kandungan garamnya tinggi agar kerjanya dalam membasmi rayap bisa lebih maksimal.

Cara kerja dari larutan ini adalah dengan melemahkan dan melemaskan rayap yang kemudian akan mati setelah beberapa saat.

  1. Cairan Kapur Sirih

Cairan yang satu ini sudah dikenal masyarakat luas dapat membasmi serangga yang ada seperti rayap. Cairan ini sangat ampuh membabat habis semua jenis rayap, bahkan sampai yang masih berupa larva sekalipun.

Cairan kapur sirih memiliki sifat yang panas sehingga bisa membunuh rayap seketika ketika terkena semprotannya. Tidak heran jika ramuan kapur sirih menjadi idola bagi pembasmi serangga.

Untuk komposisi dan cara pengaplikasiannya juga sangat mudah untuk dilakukan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan kapur sirih dengan segelas air. Yang perlu diperhatikan adalah warna cairan haruslah berbentuk putih pekat setelah tercampur rata. Jangan sampai terlalu encer.

Lalu masukkan campuran tadi ke dalam semprotan yang sudah disiapkan.

Semprotkan ke bagian yang dianggap menjadi sarang dari rayap. Juga bagian lain yang dianggap perlu untuk memastikan rayap mati dengan tuntas, bukan malah pindah ketempat lain.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, menggunakan cara ini tidak membutuhkan repetisi karena biasanya serangga akan langsung K.O. dengan sekali semprotan saja.

  1. Rendaman Tembakau

Cara membasmi rayap di rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan air rendaman tembakau.

Cairan ini dipercaya ampuh membersihkan secara menyeluruh rayap yang ada dalam waktu yang relatif singkat.

Untuk cara penggunaannya sendiri adalah dengan merendam segenggam tembakau ke dalam air bersuhu normal selama beberapa jam.

Jika bau dari tembakau sudah menyengat dan kuat, pisahkan air dan ampasnya. Lalu masukkan ke dalam wadah semprotan.

Terakhir adalah semprotkan cairan itu ke seluruh bagian yang dianggap perlu seperti sarang rayap, sudut, juga rayap itu sendiri.

Bagaimana? Cara yang ada di atas bukan hanya mudah untuk dilakukan tapi juga menggunakan bahan yang mudah didapat dan juga murah.

Tapi jangan lupakan hal penting ini setelah semua rayap berhasil hilang, apalagi kalau menghindarkan barang dan perabot berbahan kayu dari tempat yang lembab.