Yang Terbaru, Inilah 5 Negara Paling Miskin

Monday, October 2nd, 2017 - Others

Advertisement

Setiap tahunnya World Bank menghitung GDP/PDB yang merupakan tolak ukur pendapatan rata-rata penduduk suatu negara per harinya, dan berita terbaru ada beberapa negara dengan pendapatan rata-rata penduduknya jauh lebih rendah dibanding dengan pendapatan rata-rata dunia. Bahkan jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan Indonesia.

Nah menurut perhitungan, negara dikategorikan miskin apabila pendapatan rata-rata penduduk suatu negara per harinya di bawah 2 dolar AS. Data dari World Bank ini yang dijadikan acuan untuk menentukan urutan negara-negara miskin di dunia. Mengacu pada ketentuan tersebut, di Indonesia tentu saja masih banyak yang pendapatanya di bawah 2 Dolar. Tapi tertutupi oleh pendapatan orang kaya. Kesenjangan di negeri ini juga masih jadi masalah utama.

Advertisement

Diluar permasalah itru, berikut ini lima negara paling miskin di dunia menurut data World Bank yang mana memiliki nilai GDP/PDB yang rendah, dimana hampir keseluruhan terletak di benua Afrika :

  1. Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah menduduki peringkat pertama negara paling miskin di dunia. Negara ini terletak di pedalaman Afrika dengan jumlah penduduk yang hanya berjumlah sekitar 4 juta penduduk. Negara ini memiliki nilai GDP/PDB paling rendah yaitu US $ 640. Di negara ini pemerintahannya masih amburadul dan banyak ditemukan korupsi serta kejahatan yang meningkat setiap tahunnya sehingga membuat perekonomian di negara Republik Afrika Tengah sulit berkembang dibandingkan negara-negara lainnya.

  1. Republik Demokratik Kongo

Sedangkan peringkat kedua negara paling miskin di dunia diduduki oleh Republik Demokratik Kongo. Hal ini ditunjukan dengan pencapaian nilai GDP/PDB sebesar US $ 750 saja. Keadaan ini dikarenakan belum terselesainya konflik di masa lalu yang menyebabkan ketidakstabilan di pemerintahannya. Ketidakstablian pemerintah menyebabkan sulitnya ekonomi berkembang selayaknya negara lainnya.Yang Terbaru, Inilah 5 Negara Paling Miskin

  1. Malawi

Malawi merupakan salah satu negara yang terletak di Afrika Selatan. Malawi mencapai nilai GDP/PDB sebesar US $ 820. Malawi sudah mengalami perkembangan di bidang ekonomi pada beberapa tahun terakhir ini namun dikarenakan masih tingga nilai inflasi dan ketergantungan pada donasi negara lain menyebabkan negara ini kesulitan mengalami peningkatan ekonomi.

  1. Negara Liberia

Negara Liberia ini menduduki peringkat keempat sebagai negara paling miskin di dunia, hal ini tercatat dengan nilai GDP/PDB yang hanya mencapai US $ 935. Negara yang terletak di pesisir barat Afrika dengan jumlah penduduk hanya 4 juta jiwa masih merasakan dampak dari perang saudara yang terjadi dalam 20 tahun terakhir ini. Keadaan ini menyebabkan Liberia belum terbebas dari buta huruf, ditambah kemiskinan yang kian meluas, serta korupsi yang kian merajalela membuat perekonomian negara yang rapuh menjadi semakin rapuh.

  1. Negara Burundi

Negara Burundi menempati posisi kelima sebagai negara paling miskin di dunia. Negara dengan penduduk yang hanya mencapai 10 juta jiwa ini hanya memiliki nilai GDP/PDB sebesar US $ 951. Negara ini dinyatakan sulit berkembang perekonomiannya karena masih banyak korupsi yang terjadi, ketidakstabilan politik, dan rendahnya pembangunan. Alhasil kemiskinan di negara ini kian meluas.

Indonesia memang tidak masuk dalam negera dengan jumlah pendapatan terendah di dunia dalam berita terbaru menurut survei World Bank menurut GDP/PDB (Produk Domestik Bruto). Tapi jika kita lihat kanyataanya, tentu saja ada banyak rakyat dengan pendapatan jauh di bawah 2 dolar perharinya. Hanya saja tidak terlihat jika diakumulasikan dengan mereka yang pendapatanya 20 dolar perhari.

Advertisement
  • base th 6 war update 2017
Advertisement by Google

Yang Terbaru, Inilah 5 Negara Paling Miskin | admin | 4.5
shares