Waspadai 7 Kebiasaan ini Bisa Merusak Rambut Indahmu!

Monday, September 19th, 2016 - Lifestyle

Advertisement

Semua wanita mendambakan rambut yang sehat dan berkilau seperti bintang iklan sampo. Sebenarnya semua manusia memang terlahir dengan rambut yang sehat, tapi di sepanjang perjalanan kehidupan, rambutmu mengalami banyak keadaan ekstrim.

Misalnya terpapar matahari terlalu lama, disiram air yang terlalu panas, atau ditimpa dengan beragam pewarna kimia berulang kali. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh wanita yang tanpa sadar ternyata sedang merusak rambutnya.  Mungkin salah satunya juga sering kamu lakukan.

Advertisement

1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Kamu yang berambut panjang pasti akrab dengan rutinitas mengikat rambut di pagi hari. Mengikat rambut sebenarnya sah-sah saja. Namun, jangan sampai ikatanu terlalu kencang ya. Ikatan yang terlalu kencang ditandai dengan kulit kepala yang terasa tertarik.

Ikatan yang kuat ini sebenarnya juga akan menyakiti dirimu sendiri. Karena ikatan rambut yang kuat bisa menimbulkan rasa perih hingga sakit kepala.

Semakin kuat kamu mengikat rambutmu, akar rambut akan melemah dan akan mudah rapuh. Jika akar rambut rapuh, maka helaian rambutmu akan mudah patah dan rontok. Kamu nggak mau kan botak di usia muda?

Nah bagi kamu yang harus mengikat rambut setiap hari, kamu bisa gunakan jepit rambut yang longgar. Jika kamu di rumah, jepit rambut mu dengan jepit besar yang biasa digunakan jika akan ke kamar mandi. Menggunakan karet rambut terus menerus bisa membuat kulit kepalamu tegang.

Untuk kamu yang berhijab, tak perlu mengikat rambut tinggi-tinggi karena takut lepas. Kamu bisa gunakan dalaman kerudung agar rambutmu tidak keluar dari dalam jilbab dan terekspos kemana-mana.

2. Sering Mewarnai Rambut

Warna rambut hitam kadang membosankan. Melihat selebriti idola yang memiliki rambut merah cerah atau blonde kadang membuat kamu ingin menirunya juga. Mewarnai rambut boleh kamu lakukan. Namun kamu harus siap untuk merawatnya lebih dari saat tidak diwarnai.

Mewarnai Rambut

Pilihlah pewarna rambut dengan kandungan bahan alami. Pewarna yang hanya terdiri dari bahan kimia akan merusak jaringan rambut dan merapuhkannya. Saat mewarnai rambut, kamu juga harus melakukannya dengan hati-hati. Jangan asal mewarnai tanpa petunjuk. Akan lebih baik jika kamu didampingi oleh penata rambut profesional di salon langgananmu.

Mengganti warna rambut dengan warna lain juga butuh waktu. Kamu tidak bisa asal mengganti warna dalam jangka waktu dekat, misalnya seminggu dua kali. Penggantian warna rambut yang twrlalu sering akan merusak struktur rambutmu.

Selain itu, akan lebih baik dan sehat jika kamu tidak menimpa satu warna dengan warna lainnya. Misalnya seminggu lalu kamu pakai pewarna cokelat. Namun karena bosan kamu menimpa warna coklat dengan warna ungu atau merah. Ini bukan tindakan bijaksana ya.

Sebaiknya tunggu hingga warna rambut memudar lalu baru kamu bisa ganti warna rambut. Selama mewarnai rambut jangan lupa memberikan vitamin rambut dan menggunakan sampo khusus rambut yanh diwarnai. Dengan perawatan semacam ini, efdk samping warna rambut mungkin akan berkurang.

3. Sering Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer adalah sahabat wanita. Pasti kamu adalah salah satu penggunanya. Hair dryer berfungsi untuk mengeringkan rambut dengan cepat. Namun alat ini juga memiliki efek negatif jika digunakan tanpa takaran waktu atau cara yang tepat.

Sering Menggunakan Hair Dryer

Jia hair dryer digunakan terlalu sering, rambutmu akan kehilangan kelembabannya. Akan lebih baik jika kamu membiarkan rambutmu kering dengan sendirinya. Gunakanlah hair dryer saat kamu sangat perlu menata rambut atau saat sedang buru-buru.

Jika kamu keramas dan akan tinggal di rumah seharian, lebih baik tidak usah menggunakan hair dryer demi kesehatan rambut. Rambut yang kering akan mudah patah dan rontok. Jadi saat kamu menggunaan hair dryer, gunakanlah dengan jarak yang wajar.

Ketika menggunakannya, jangan terlalu dekat dengan kulit kepala apalagi sampai menempel ke rambut. Nanti bukan hanya airnya saja yang hilang, rambutmu juga bisa ikut masuk ke lubang udara dan terbakar. Hati-hati ya menggunakannya.

4. Menyisir Terlalu Keras

Menyisir rambut bisa merangsang pertumbuhan folikel rambut. Tapi jika menyisirnya terlalu sering dan keras apa yang akan terjadi ya??

Rambut memiliki kekuatan tersendiri. Kamu sang pemilik rambut harus berhati-hati dalam merawatnya. Pemilik rambut pendek maupun panjang pasti sering mengalami rambut sulit diatur hingga keadaan dimana rambut saling menempel satu sama lain atau yang biasa disebut orang jawa sebagi bundet.

Keadaan semacam ini membutuhkan kesabaran. Pegang bagian atas rambut kemudian sisirlah bagian yang menempel secara perlahan. Jangan menyisir terlalu keras untuk memisahkan rambut yang saling menempel. Sisirlah perlahan agar kulit kepala tidak sakit dan struktur rambut tidak rusak.

5.  Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas ternyata bisa juga menimbulkan masalah. Terlebih lagi jika sampo yang kamu gunakan tidak cocok. Keramas sebenarnya cukup kamu lakukan 2 hari sekali. Untuk menjaga kelembaban dan kebersihannya, bukalah ikatan pada rambutmu. Mengikat rambut dari pagi hingha pagi lagi akan membuat rambutmu stress.

Terlalu Sering Keramas

Sirkulasi udara di kulit kepala juga akan kurang lancar yang nantinya lagi-lagi mengakibatkan kerapuhan rambur yang berujung pada rambut patah hingga rontok.

Setiap keramas, gunakan air dingin. Air panas akan membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering. Jika udara dingin namun harus keramas, lebih baik tunda sejenak rencana keramasmu agar suhu air panas menurun dan menjadi agak hangat.

6. Jarang Memotong Rambut

Wanita kadang ingin memanjangkan rambut. Namun, membiarkan rambut tumbuh terus menerus ternyata kurang baik juga. Lama kelamaan akan muncul ujung rambut yang pecah dan bercabang.

Coba perhatikan ujung rambutmu. Apakah bercabang? Jika iya segera ambil gunting yang tajam dan potong sedikit rambut yang bercabang.

7. Tidak Memakai Conditioner

Conditioner berfungsi untuk melembabkan  dan mengontrol kandungan minyak di rambut. Saat ini hampir semua merk dan varian sampo menyediakan pula conditioner sesuai jenjs dan fungsi sampo.

Pilihkah conditioner dan sampo yang sesuai untuk jenis rambutmu. Jika rambutmu berminyak, pilihlah sampo yang bisa menyerap minyak berlebih dan menghilangkan ketombe.

Pemilihan sampo dan conditioner yang tepat akan membantumu menjaga kesehatan rambut. Sampo saja tidak cukup ya, karena sampo berfungsi untuk membersihkan rambut dari kotoran dan memberikan rasa segar pada kulit kepala. Sedangkan conditioner lebih menjaga kesehatan helaian rambutmu bukan kesehatan kulit kepala. Jika kamu menginginkan kulit kepala yang sehat, kamu perlu menggunakan vitamin rambut setelah keramas dan menggunakan conditioner.

Jika kamu melakukan 7 kesalahan diatas, lebih baik hentikan deh mulai sekarang. Kesehatan rambut sangat perlu dijaga sejak dini. Ini bertujuan agar kelak saat kamu tua rambutmu masih kuat dan indah meskipun akan tetap memutih.

Advertisement
  • apakah mengikat rambut dg jepit dapat merusak rambut?
Advertisement by Google

Waspadai 7 Kebiasaan ini Bisa Merusak Rambut Indahmu! | admin | 4.5