USG untuk Tes Kehamilan yang Pasti

Setelah mengetahui menstruasi anda belum juga datang, padahal sudah lewat masanya, maka anda sebaiknya segera cek apakah anda hamil atau tidak. Tes untuk kehamilan ini penting, agar anda bisa menjaga kehamilan anda dengan baik. Apalagi, bila kehamilan ini adalah kehamilan yang anda tunggu-tunggu. Pentingnya mengetahui kehamilan sedini mungkin adalah agar anda bisa menjaga pola makan, memperbaiki pola tidur, memperhatikan asupan nutrisi, juga menghindari pekerjaan yang berat, pun mengangkat beban berat. Bukankah begitu?

Pertama, beli alat tes kehamilan di apotik.

Bila anda menjalani program hamil secara alami, anda tidak perlu datang ke dokter untuk menjalani tes HCG. Selain biayanya mahal, ada alternatif yang lebih murah, yaitu menggunakan alat tes kehamilan biasa atau “test pack.” Gunakan “test pack” ini setelah anda setidaknya terlambat datang bulan beberapa hari. Jika anda memang benar-benar hamil, terlambat menstruasi satu hari saja, hasil tes anda sudah positif.

Akan tetapi, perlu juga diperhatikan, di beberapa kasus ada risiko hasil positif palsu pada tes untuk kehamilan menggunakan “test pack.” Anda mendapati ada dua garis pada alat anda, namun kenyataannya anda tidak hamil. Mengapa demikian? Ini bisa disebabkan adanya protein di dalam urine anda. Atau, anda mengonsumsi obat-obatan seperti obat penenang atau juga obat anti epilepsi.

Atau, bisa juga terjadi, anda sebenarnya positif hamil, namun “test pack” hanya menunjukkan satu garis. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti “test pack” sudah kadaluwarsa, anda minum terlalu banyak saat semalam sebelum tes, atau anda sebelumnya meminum obat antihistamin atau diuretik.

Untuk hasil test pack yang benar-benar akurat, sebaiknya gunakan beberapa test pack sekaligus, dan lakukan tes selama beberapa hari berturut-turut. Kemudian, untuk lebih meyakinkan diri, kunjungi dokter anda dan lakukan USG untuk memeriksa adanya kantung kehamilan dan cek detak jantung janin. Di usia kehamilan awal, sekitar 2-3 minggu memang detak jantung janin masih belum terdengar, namun dokter tetap bisa membaca denyut janin anda di monitor USG.