Tips Pintar Mengajukan Kredit Mobil

Thursday, November 26th, 2015 - Ekonomi

Advertisement

Mempunyai mobil sendiri tentu merupakan impian dan keinginan yang dimiliki oleh semua orang saat ini. Ada kepuasan tersendiri apabila kendaraan roda empat telah dimiliki dan menjadi alat transportasi pribadi yang digunakan sehari-hari. Namun tak bisa dipungkiri bahwa biaya menjadi salah satu kendala yang menghambat sebagian kalangan dalam memenuhi kebutuhannya untuk mempunyai mobil. Akan tetapi, mempunyai mobil pribadi bisa di realisasi dengan mudah karena fasilitas kredit mobil bekas maupun untuk mobil baru telah ditawarkan oleh berbagai perusahaan saat ini. Apabila Anda tertarik dan ingin mengajukan kredit dalam memenuhi kebutuhan alat transportasi pribadi, maka simaklah beberapa tips pintar di bawah ini.

Pilih kendaraan secara bijaksana

Advertisement

Seperti yang Kita tahu, saat ini berbagai merk mobil dengan ragam spesifikasi yang bervariasi ditawarkan oleh berbagai perusahaan dengan bentuk body, karakter, performa, pilihan warna dan keunikan masing-masing. Tentu saja setiap merk mobil ditawarkan dengan harga yang bervariasi sehingga memilih mobil harus dilakukan sebijaksana mungkin. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan kapasitas muatan, harga dan faktor lainnya sehingga mobil yang Anda beli bisa dipakai dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari. Utamakanlah fungsi daripada gengsi.

Kredit Mobil

Kredit Mobil

Lakukan survey harga

Sama seperti ketika Kita akan membeli suatu barang, melakukan survey harga adalah bagian yang amat sangat penting ketika mengajukan kredit untuk membeli mobil. Dengan mengetahui kisaran harga dari mobil yang Kita butuhkan, maka perkiraan budget bisa diperhitungkan dengan baik. Dalam hal ini, Anda perlu menanyakan harga dari beberapa dealer mobil yang menyediakan jenis mobil yang sedang Anda taksir. Dengan demikian, penawaran harga terbaik pun akan Anda dapatkan karena perbandingan harga dari masing-masing dealer sudah diketahui.

Tentukan sumber pembiayaan yang tepat

Biasanya, bank atau lembaga pembiayaan mempunyai prosedur tertentu dalam mengabulkan cicilan kredit. Secara umum, bunga yang ditawarkan oleh pihak bank lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan atau lembaga multifinance. Namun persyaratan dan prosedur dari bank terbilang lebih ketat daripada pengajuan kredit di perusahaan finance. Hal ini bisa Anda pertimbangkan dengan baik dan melihat dari sisi positif dan negatifnya masing-masing untuk menentukan pilihan yang paling tepat.

Jangan meminjam uang muka

Uang muka merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapkan ketika akan mengajukan kredit kendaraan. Uang muka yang dipatok biasanya minimal 30% dari harga mobil yang Anda inginkan. Dalam membayar uang muka, sebaiknya uang yang digunakan adalah murni uang pribadi Anda. Jangan sampai uang yang dipakai untuk membayar DP mobil adalah uang pinjaman karena resiko yang ditimbulkan sangatlah besar. Dengan menghindari pinjaman untuk membayar uang muka, maka resiko tagihan cicilan yang lebih besar 2 kali lipat bisa dihindari dengan maksimal.

Pilih asuransi mobil

Asuransi dalam membeli mobil secara kredit sangatlah penting untuk menghindari dan meminimalisir kerugian dari hal-hal yang tidak diharapkan suatu saat nanti. Biasanya jenis asuransi untuk kendaraan terdiri dari asuransi All Risk dan Total Loss Only yang memiliki porsi perlindungan masing-masing sehingga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan saat ini.

Selain beberapa tips di atas, melakukan simulasi dan perhitungan kredit juga tidak kalah penting ketika akan mengajukan kredit untuk memiliki mobil idaman yang Anda butuhkan saat ini. Simulasi kredit mobil ditujukan untuk mengetahui gambaran biaya dan rencana angsuran untuk membeli mobil sehingga perhitungan budget bisa diperkirakan dengan baik. Dengan melakukan beberapa tips pintar di atas, maka mobil impian yang Anda idamkan bisa dimiliki mulai saat ini.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips Pintar Mengajukan Kredit Mobil | admin | 4.5
shares