Tips Mudah Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Sunday, March 12th, 2017 - Ibu & Anak

Advertisement

Mengetahui masa subur seorang wanita termasuk suatu hal yang cukup penting, terutama bagi wanita yang tidak memiliki masalah anatomi didalam tubuhnya. Kebanyakan wanita Indonesia tidak mengetahui kapan masa suburnya. Dengan mengetahui masa subur tersebut, Anda akan dengan mudah untuk mengambil keputusan apakah ingin hamil atau akan menunda kehamilan. Menghitung masa subur ini merupakan salah satu cara yang aman, alami dan cukup efektif dalam merencanakan jumlah dan jarak kelahiran anak.

Masa Subur ibu hamil

Advertisement

Seperti yang kita ketahui, hubungan intim yang dilakukan pada masa subur, akan berpeluang membuahkan kehamilan. Lantas, bagaimana caranya mengetahui masa subur anda.

Pertama, cara yang paling mudah menghitung masa subur adalah dengan melalui kalender. Cara ini cukup sulit, khususnya yang siklus haidnya tidak teratur. Masa subur adalah 14 hari sebelum haid berikutnya, ditambah 3 dan dikurangi 3. Oleh karena itu, hubungan intim sebaiknya dilakuan sesuai dengan fakta bahwa sperma hanya hidup selama tiga hari, sementara telur hanya hidup 12 jam. Lakukanlah hubungan suami istri pada saat itu juga jika anda mendambakan kehamilan.

Tips Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Kedua, Melalui pengukuran suhu tubuh dengan menggunakan termometer khusus yang biasanya digunakan untuk mengukur melalui mulut, bisa diketahui apakah ovulasi benr-benar terjadi. Pada saat anda sedang berada dalam masa subur, maka kenaikan suhu tubuh akan lebih tinggi dari biasanya, yaitu antara 0,2-0,5 derajat. Untuk mengetahuinya ukurlah suhu tubuh anda sebelum memulai beraktivitas di pagi hari dan siang hari, paling tidak sesudah tidur 3 jam.

Ketiga, Kenalilah tanda-tanda lainnya, seperti keluarnya cairan dengan bentuk yang cukup kental dan bening dari M-V dan terkadang menyerupai bentuk benang. Lendir yang keluar ini merupakan lendir yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat di leher rahim (serviks) dan bersahabat dengan sperma. Lendir tersebut memungkinkan sperma dapat bertahan hidup dalam lendir tersebut untuk menunggu matangnya sel telur (ovulasi). Pada masa subur, kemungkinan terjadi pembuahan sangat besar. Selain itu, seperti ketika menjelang buah haid, muncul tanda-tanda suasana hati yang mudah berubah-ubah (mudah sekali marah atau sebaliknya) dan daerah perut sebelah bawah terasa sedikitnya nyeri.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips Mudah Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil | admin | 4.5