Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan

Tuesday, September 27th, 2016 - Ibu & Anak, Kesehatan

Advertisement

Musim hujan merupakan musim dimana anda harus bisa menjaga daya tahan tubuh dengan baik karena biasanya pada musin ini rentan sekali muncul berbagai penyakit terutama bagi anak-anak dan balita yang imun tubuhnya belum sempurna. Oleh karena itu sebagai orang tua anda harus bisa menjaga kesehatan anak anda agar tidak mudah terserang penyakit pada musim ini.

Salah satu kondisi yang memicu anak rentan terkena penyakit yaitu suhu dingin pada musim hujan dan infeksi mikroorganisme yang mampu melemahkan sistem imun anak-anak dan balita. Beberapa penyakit yang sering menyerang pada musin hujan diantaranya flu disertai panas dan demam, batuk, dan diare. Untuk mencegah anak terkena penyakit tersebut anak harus memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga sistem imun anak tidak mudah ditembus oleh virus.

Advertisement

Nah berikut akan kami berikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan anak daya tahan dan imun anak anda agar tidak mudah terserang penyakit di musim hujan.

  • Perhatikan Pakaian Anak

Pada saat musim hujan selalu perhatikan pakaian anak anda, gunakan pakaian yang lebih tebal dari pakaian yang di gunakan sehari-harai pada saat musim panas dan bila perlu gunakan selimut tambahan pada malam hari terutama jika sedang hujan. Apabila anda ingin memberikan selimut tambahan pada bayi atau balita, cukup berikan selimut hingga sekitar dada dan jangan sampai menutupi kepala karena akan mengurangi aliran oksigen.

  • Batasi Waktu Bermain Anak

Tetapkanlah waktu bermain yang wajar bagi anak terutama untuk bermain diluar ruangan dan perbanyak istirahat terutama pada siang hari untuk menjaga daya tahan dan sistem imun anak anda.

menjaga kesehatan anak di musim hujan

  • Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara mudah untuk menjaga sistem imun tubuh anak, namun hal yang lebih sulit adalah membentuk pola makan teratur pada anak karena pada umum nya cukup sulit untuk menerapkan pola makan teratur pada anak. Konsumsi makanan sehat dan perbanyak makanan yang mengandung vitamin C.

  • Jaga Kebersihan

Salah satu hal yang menyebabkan menurunkan sistem imun dan menimbulkan penyakit adalah adanya virus yang menyebar dan menjangkit sebagai akibat kebiasaan buruk. Oleh karena itu dengan menjaga kebersihan sistem imun anak akan semakin kuat dan meningkatkan kekebalan akan penyakit.

  • Menutup Tempat Penyimpanan Air

Musim hujan biasanya juga merupakan musim penyakit deman berdarah, oleh karena itu selalu perhatikan tempat penyimpanan air anda dalam keadaan tertutup. Bersihkan juga tempat tempat yang dapat menampung air hujan di sekitar rumah anda untuk mengindari berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah.

Selain beberapa hal tersebut diatas masih banyak lagi hal lain untuk menjaga kesehatan anak di saat musim hujan. Selalu perhatikan kebersihan dan selalu mengonsumsi makanan sehat untuk anak anda, Ajari anak anda untuk terbiasa hidup sehat dan menjaga kebersihan. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan | admin | 4.5
shares