Tips Memilih Gitar Yang Berkualitas Dengan Harga yang Pas

Wednesday, July 27th, 2016 - Belajar Gitar

Advertisement

Berbicara soal gitar pilihan terbaik mungkin sebagian besar orang akan langsung tertuju pada gitar keluaran produsen ternama Yamaha. Produsen gitar yang satu ini memang terkenal dengan produk yang mempunyai kualitas yang sangat bagus dari segi suara dan desain gitarnya. Dari berbagai jenis gitar yang ada, produk gitar yang paling banyak di minati oleh banyak orang adalah tipe gitar akustik.

Pada umumnya gitar akustik memiliki karakteristik tersendiri berbeda dengan jenis gitar lain seperti suara senar yang di hasilkan diperkuat oleh bagian resonansi dan umumnya hanya mempunyai 6 senar meskipun ada juga yang memiliki 7 senar atau lebih dan senar gitar akustik ini terbuat dari string. Gitar klasik memang mirip dengan gitar akustik, perbedaanya biasanya pada leher gitar, untuk gitar akustik memiliki leher yang lebih ramping di banding gitar klasik.

Advertisement

Harga gitar tentunya sesuai dengan kualitas dari gitar tersebut, gitar dengan kulitas yang baik tentunya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan gitar dengan kulitas yang lebih rendah. Namun sebelum anda membeli gitar sebaiknya simak tips memilih gitar Akustik yang baik dari kami berikut :

1. Body dan bahan Gitar

Setiap gitar akustik selalu memiliki proyeksi suara dan tonasi yang berbeda, dan biasanya tergatung dari besar kecil ukuran gitar akustik tersebut. Untuk ukuran gitar ini silahkan anda sesuaikan dengan selera anda. Selain ukuran gitar pada gitar akustik biasanya ada yang di sebut cutaway atau lekukan yang ada antara body dan leher gitar yang berfungsi untuk memperindah gitar dan juga mempermudah pemain gitar untuk memainkan nada tinggi karena akan mudah menjangkau fret tinggi. Namun Kata sebagian orang gitar tanpa cutaway akan memiliki suara yang lebih bagus. Sedangkan untuk body gitar pilihlah yang menggunakan bahan all solid atau full kayu.

Harga Gitar Yamaha

Harga Gitar Yamaha

2. Neck gitar

Pilihlah neck atau leher gitar yang benar benar lurus karena pada bagian neck gitar ini terdapat fret-fret yang juga akan mempengaruhi suara gitar. Pilihlah neck yang memiliki besi penyangga di dalamnya (truusord) agar gitar tidak akan mudah bengkok atau bahkan patah. Selain dari itu pilihlan neck gitar yang sesuai dengan genggaman anda untuk kenyamanan anda dalam bermain gitar.

3. Fret gitar

Untuk bahan fret sebaiknya anda memilih gitar dengan bahan fret yang terbuat dari stainless steel karena akan menghasilkan suara yang lebih baik dan tentunya akan lebih awet.

4. Pemilihan tuning peg

Untuk pemilihan tuning peg perhatikan fungsi dan keakuratan dari tuning peg karena akurasi tuning peg sangat diperlukan dalam menyetem gitar.

5. Harga Gitar

Untuk segi harga gitar, sesuaikanlah dengan keperluan dan kemampuan anda. Ada baiknya anda melakukan perbandingan harga gitar pada beberapa toko gitar sebelum anda memutuskan untuk membeli gitar tersebut

Memilih gitar akustik yang baik dan berkualitas memang cukup sulit karena memerlukan ketelitian dan feel anda dalam memilih dan memainkan gitar, ada baiknya untuk mencoba suara gitar untuk memastikan gitar yang akan anda beli adalah gitar yang benar-benar berkualitas. Sedangkan untuk senarnya dapat anda sesuaikan dengan keperluan anda. Untuk senar nylon mungkin akan sedikit lebih awet dan cukup lentur namun suara yang dihasilkan tidak cukup keras. Berbeda dengan senar nylon, untuk senar steel / baja memiliki suara yang cukup keras namun biasanya akan lebih cepat rusak.

Advertisement
  • kunci gitar ukulele senar 3
Advertisement by Google

Tips Memilih Gitar Yang Berkualitas Dengan Harga yang Pas | admin | 4.5
shares