Tips dan Cara Menghemat Kuota Data Internet Android dengan Mudah

Thursday, May 19th, 2016 - Android, Technology

Advertisement

Handphone atau smartphone android memang saat ini sudah menjadi bagian dari style, mungkin juga dapat dikatakan bahwa semua orang saat ini pasti menggunakan handphone dengan OS Android. Handphone dengan os android ini memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan OS lain, ada banyak sekali aplikasi dan game-game menarik secara gratis setiap harinya. Dengan smartphone android anda juga dapat dengan muadh mengakses sosial media, situs-situs berita dan berkomunikasi via messenger seperti BBM, Whatapps, line, twitter dan lain sebagainya termasuk anda dapat dengan mudah terhubung ke jaringan internet.

Terkadang muncul permasalahan yang yang sering berulang yaitu habisnya kuota data internet anda sehingga menghambat anda untuk dapat terkonesi kejaringan internet untuk urusan pekerjaaan ataupun untuk sekedar mencari hiburan. Namun anda tidak perlu risau dan kgawatir karena pada artikel kali ini akan kami berikan tips dan trik cara menghemat kuota data internet android dengan mudah sehingga kuota internet anda tidak cepat habis terutama untuk hal-hal yang kurang penting .

Advertisement

Tips Cara menghemat kuota internet android berikut dapat anda aplikasikan untuk semua operator, telkomsel baik kartu AS dan simpati, indosat untuk Im3 dan mentari, termasuk juga untuk katu 3 (three), XL, smartfren dll.

cara-menghemat-kuota-internet-android

Berikut ulasan lengkap cara menghemat kuota internet smartphone android

  • Non-aktifkan Auto Update

Auto update ini merupakan fitur yang di berikan oleh smartphone android, dan auto update ini merupakan salah satu yang paling banyak menghabisakan kuota internet android anda, terutama jika anda menginstall banyak permainan dan aplikasi. saran dari kami matikan fitur auto update ini dan lakukan update aplikasi jika anda terhubung wifi saja untuk menghemat kuota internet anda.

  • Non-aktifkan AutoSync

Banyak aplikasi memiliki fitur autosync terutama aplikasi jejaring sosial seperti facebook, twitter, line, path dll yang memungkin aplikasi tersebut memberikan notifikasi update sehingga akan cukup bamyak memakan kuota internet anda. Oleh karena itu langkah baiknya agar anda menonaktifkan fitur autosync ini.

  • Gunakanlah Google Chrome (data server)

Nah bagi anda yang hobi browsing internet, gunakanlah google chrome untuk kegiatan browsing anda, kemudian lakukan langkah berikut untuk menghemat kuota anda. Yang pertama yaitu dengan mengaktifkan fitur data saver pada google chrome. Pada Google chrome anda buka “setting“kemudian pilih “Data Saver” Pilih “ON“. Dengan fitur data saver ini akan mengompress data yang anda buka hingga 50% dan tentunya dengan demikian akan dapat menghemat kuota internet anda.

chrome-android-data-compression

  • Identifikasi aplikasi yang banyak menghabiskan Kuota Internet

Cara selanjutnya yaitu dengan mengidentifikasi aplikasi apa yang paling banyak memakan kuota internet anda. Buka menu “setting” pilih “data usage” lalu scroll ke bawah dan temukan aplikasi apa yang paling banyak menggunakan kuota internet. apabila memungkinkan uninstall aplikasi tersebut dan ganti dengan aplikasi lain dengan fungsi atau jenis yang sama.

Nah sangat mudah bukan untuk dapat menghemat kuota internet android anda. Pada umumnya yang paling banyak menyedot kuota internet anda yaitu fitur auto update, bayangkan saya update satu buah aplikasi saja sudah berapa megabyte kuota yang diperlukan.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips dan Cara Menghemat Kuota Data Internet Android dengan Mudah | admin | 4.5
shares