Tips Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif dari Iritasi Kulit

Friday, July 29th, 2016 - Ibu & Anak

Advertisement

Memiliki buah hati memang merupakan salah satu karunia yang sangat spesial dan istimewa, maka tidak salah jika banyak orang tua yang melakukan segala hal demi untuk merawat dan menjaga kesehatan bayi mereka. Merawat bayi memang harus memperhatikan banyak hal karena tentunya daya tahan tubuh bayi masih dalam tahap perkembangan. Bagi orang tua yang sudah beberapa kali memiliki bayi tentunya mungkin bukan merupakan suatu hal yang sulit untuk merawat bayi namun bagi orang tua yang baru pertama kali mempunyai bayi tentunya masih banyak hal yang perlu di ketahui perihal merawat bayi yang baik dan benar terutama cara merawat kulit bayi yang sensitif.

Salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan adalah perihal permasalahan kulit bayi. Kebanyakan bayi memang mempunyai kulit yang cukup sensitif sehingga memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Oleh karena itu orang tua khususnya ibu yang sering merasa khawatir terhadap permasalahan iritasi kulit yang menyebabkan bayi menjadi merasa tidak gatal, tidak nyaman yang membuat bayi menjadi sering menangis atau rewel.

Advertisement

Penyebab Iritasi Pada Kulit Bayi

Cara merawat kulit bayi yang sensitif memang memerlukan perhatian lebih, ada banyak hal yang dapat memicu munculnya iritasi kulit buah hati tercinta. Agar kulit buah hati kita terhindar dar iritasi kulit simak beberapa hal yang dapat memicu munculnya iritasi berikut ini :Cara Merawat Kulit Bayi Sensitif

  • Pemakaian popok yang tidak segera di ganti setelah terjadi kontak dengan urine dan pups. Untuk menghindari iritasi atau ruam popok akibat terlalu lama menggunakan popok yang sudah terkontaminasi dengan urine dan pups maka sangat di sarankan agar segera membersihkan kulit bayi dan menggatinya dengan popok yang baru.
  • Pakaian yang di kenakan bayi terlalu ketat sehingga bayi mudah berkeringat, keringat ini merupakan salah satu pemicu utama munculnya iritasi kulit bayi.
  • Pakaian bayi terlalu tebal, pakaian bayi yang terlalu tebal akan membuat kulit bayi panas dan berkeringat. Gunakan pakaian tebal hanya pada saat cuaca cukup dingin.
  • Terlalu banyak lipatan pada kulit bayi. Banyaknya lipatan kulit bayi akan membuat kulit bayi menjadi mudah lembab sehingga akan mudah munculnya iritasi kulit.
  • Alergi terhadap produk – produk perawatan bayi seperti sabun atau bedak bayi dengan merk tertentu. Perhatikan nomor Bpom dan selalu gunakan produk yang aman bagi bayi anda. Kenali gejala awal tanda bayi anda memiliki alergi terhadap produk perawatan bayi tertentu dan segera hentikan pemakaian jika diketahui produk tersebut menimbulakn alergi pada kulit bayi anda.

Sebenarnya masih banyak faktor lain penyebab munculnya iritasi kulit pada bayi, namun dengan menjaga kebersihan perlengkapan dan peralatan bayi akan sangat membantu anda dalam menjaga bayi anda dari masalah iritasi kulit. Apabila iritasi terus berlanjut segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan dan pencegahan iritasi yang lebih parah.

Memiliki bayi yang sehat tentunya merupakan harapan dari semua orang tua. Oleh karena itu sebagai orang tua yang baik anda harus benar benar memperhatikan cara merawat kulit bayi anda,  jangan segan – segan untuk bertanya kepada orang yang lebih mengetahui tentang perawatan bayi yang baik terutama dokter atau bidan dan selalu menjaga kebersihan semua perlengkapan yang behubungan dengan bayi anda. Demikian semoga bermanfaat dan dapat membatu anda dalam merawat buah hati anda.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif dari Iritasi Kulit | admin | 4.5