Tips Cara Mengatasi dan Mengobati Biang Keringat Pada Bayi

Monday, October 3rd, 2016 - Ibu & Anak

Advertisement

Biang keringat merupakan ruam kecil yang pada umumnya berwarna merah, dan terasa gatal atau perih pada bagian kulit yang terkena biang keringat ini.Biang keringat dalam istilah medis juga dikenal dengan sebutan miliaria atau ruam panas.Biang keringat ini mungkin memang tidak berbahaya, namun cukup menggangu dan seringkali menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada kulit.Biang keringat pada orang dewasa umumnya berbeda dengan biang keringat pada bayi yang biasanya muncul di daerah sekitar leher, ketiak, lipatan siku dan juga selangkangan.

Munculnya biang keringat ini seringkali dikarenakan oleh adanya keringat yang tertahan di balik kulit sebagai akibat dari terhambatnya kelenjar keringat tubuh yang mengakibatkan keringat tidak dapat menguap. Dengan terhambatnya keringat tersebut, kulit akan mengalami reaksi inflamasi dan ruam yang menimbulkan benjolan kecil disekitar ruam. Beberapa hal yang dapat menyebabkan terhambatnya kelenjar keringat pada tubuh yaitu :

Advertisement
  • Pengaruh suhu udara

Biang keringat ini dapat muncul sebagai akibat dari cuaca atau suhu lingkungan yang panas namun lembab.

  • Penggunaan pakaian

Kemunculan biang keringat juga seringkali disebabkan karena penggunaan pakaian yang tidak tepat misalnya terlalu tebal disaat cuaca panas sehingga dapat memicu munculnya biang keringat.

  • Belum berkembangnya kelenjar keringat

Biang keringat memang lebih sering terjadi pada bayi, hal ini dikarenakan kelenjar keringat pada bayi belum berkembang dengan sempurna sehingga seringkali keringat tertahan di balik lapisan kulit.

Tips Mengobati Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mengatasi dan mengobati biang keringat

Meskipun bukan merupakan penyakit yang dapat menimbulkan kondisi yang cukup serius, namun biang keringat harus diobati dan diatasi sesegera mungkin terutama biang keringat pada bayi. Berikut beberapa cara mengatasi permasalahan biang keringat yang dapat anda tangani sendiri.

  • Menghindari panas berlebih

Hindari tampat dengan cuaca yang panas yang dapat semakin memperparah ruam karena adanya keringat yang berlebih.Letakkan bayi anda pada ruangan yang sejuk dan tidak terlalu lembab.

  • Jagalah Kulit Agar tetap dingin

Menjaga kulit agar tetap dingin akan mengungi munculnya keringan yang dapat memperparah ruam biang keringat pada bayi anda.

  • Perhatikan pakaian bayi anda

Gunakanlah pakaian yang tidak terlalu ketat untuk bayi anda, terutama disaat cuaca cukup terik atau panas. Selain itu gunakan pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik sehingga kuliat akan selalu kering.

  • Gunakan Obat Biang keringat Khusus Bayi

Apabila diperlukan gunakanlah obat biang keringat pada bayi untuk mengobati biang keringat yang berlebih, namun akan lebih baik jika anda melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan obat biang keringat pada bayi yang aman dan dapat meredakan iritasi dan ruam pada kulit.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips Cara Mengatasi dan Mengobati Biang Keringat Pada Bayi | admin | 4.5
shares