Tips Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Aman

Sunday, July 17th, 2016 - Lifestyle

Advertisement

Mencuci pakaian bayi tidaklah sama dengan cara mencuci pakaian orang dewasa karena kulit bayi sangatlah sensitif sehingga mencuci baju bayi dengan sebarangan akan dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Untuk mencuci baju bayi dengan aman anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya dengan memilih deterjen dan pelembut pakaian bayi yang aman dan tidak merusak kelembutan pakaian bayi.

Pakaian bayi memerlukan perlakuan khusus terutama untuk bayi dengan usia 6 bulan kebawah karena pada usia tersebut kekebalan tubuh bayi masih dalam tahap perkembangan meskipun tingkat sensivitas kulit bayi berbeda-beda. Ada bayi dengan kulit yang sangat sensitif sehingga sangat peka terhadap zat asing yang dapat memicu adanya alergi pada kulit. Sebagian bayi yang lain  memiliki memiliki tingkat sensifitas yang tidak terlalu tinggi sehingga mampu mentoleransi zat-zat asing yang bersentuhan denga kulitnya.

Advertisement

Namun apapun jenis kulit bayi anda alangkah baiknya jika anda tetap memperhatikan cara mencuci baju bayi yang benar, termasuk baju baru. Baju bayi yang baru di belipun harus anda cuci terlebih dahulu dan tidak boleh langsung dikenakan. Kenapa demikian? karena baju baru masih mengandung zat zat kimia yang digunakan dalam proses produksi baju tersebut sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu. Selain itu selama baju di pajang di toko atau di campur dengan produk lain tentunya ada banyak sekali kuman, bakteri dan debu yang menempel pada baju.Tips Cuci Pakaian Bayi

Pada saat mencuci pakaian bayi perhatikan beberapa hal berikut agar serat-serat baju tetap lembut dan aman bagi bayi anda sehingga bagi anda akan semkin tumbuh dengan sehat.

  1. Pisahkan cucian pakain bayi dengan pakaian anggaota keluarga yang sudah dewasa. Seperti kita ketahui bahwa orang dewasa sangat banyak beraktifitas sehingga tentunya kotoran dan kuman yang menempel pada bajupun akan semakin banyak. Oleh karena itu untuk menghindari kontaminasi dengan baju bayi alangkan lebih baik agar baju bayi anda cuci secara terpisah.
  2. Bersihkanlah kotoran dan noda membandel sebelum mencucinya. Kotoran – kotoran seperti muntahan bayi, pup, atau kotorang yang sering menempel pada baju harus di buang dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum mencucinya. Bersihkan kotoran tersebut dengan air mengalir agar kotoran tersebut tidak tercampur dengan pakaian lain.
  3. Gunakanlah Deterjen khusus pakaian bayi. Memilih deterjen khusus bayi setelah noda pada baju di bersihkan. Deterjen khusus pakain bayi dapat anda temui di toko-toko perlengkapan bayi. Pada umunya di deterjen ini terdapat label yang menyatakan bahwa deterjen tersebut ramah lingkungan dan aman untuk digunakan pada pakaian bayi.
  4. Bilas hingga bersih. Untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen yang melekat pada baju bayi, bilasalah hingga beberapa kali dan gunakan air mengalir agar sisa deterjen bener benar hilang.
  5. Tambahkanlah pelembut pakaian bayi. Bila perlu tambahkan pelembut pakaian bayi agar baju bayi anda semakin lembut dan nyaman bagi bayi anda.
  6. Hindarilah penggunakan pemutih pakain pada baju bayi.

Mencuci pakaian bayi yang baik pada intinya adalah menjaga kebersihan dan kelembutan pakaian bayi untuk membuat bayi nyaman saat mengenakan baju tersebut. Selain itu ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam hal mencuci dan merawat pakaian bayi dan perlengkapan bayi lain. Terapkanlah tips mencuci baju bayi diatas pada semua kain yang bersentuhan langsung dengan bayi seperti seprai, selimut, sarung bantal dan kain gendong. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips Cara Mencuci Pakaian Bayi yang Aman | admin | 4.5