Tips Cara Memperbaiki Tumit Kaki yang Pecah-Pecah dan Kasar

Saturday, October 22nd, 2016 - Kesehatan

Advertisement

Tumit kaki yang pecah-pecah sangat tidak sedap dipandang dan mengesankan kita tua dan kurang perhatian terhadap kesehatan kaki. Selain itu tumit kaki yang pecah-pecah akan mengundang bakteri untuk hidup didalamnya dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sebenarnya mengapa tumit kaki adalah organ tubuh yang paling sering timbul pecah-pecah? Ternyata kelenjar minyak pada tumit sangat sedikit dibanding bagian lain dari tubuh, akibat kurangnya minyak, kondisi permukaan kulit menjadi kering dan mudah pecah. Disamping itu, beban berat tubuh yang harus diterima oleh kulit tumit juga memicu pecah-pecah di permukaan.

Advertisement

Berikut beberapa tips mudah untuk mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah. Cara ini juga bisa diterapkan pada bagian lain dari tubuh yang mengalami pecah-pecah.

Pelembab

Menilik penyebab utama kulit kaki pecah-pecah karena kurang minyak maka memberikan lotion pelembab di kaki setelah mandi bisa sangat membantu. Jika anda bisa secara rutin mengaplikasikan pelembab pada tumit setiap selesai mandi maka tumit akan kembali mulus dalam 1-2 bulan saja dan tetap bertahan selama anda masih rajin melakukannya.

Memperbaiki Tumit Kaki yang Pecah-Pecah

Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata cukup manjur untuk mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah. Ambil 2 butir jeruk nipis yang sudah tua, cuci sampai bersih lalu belahlah jadi 2 bagian yang sama. Gosokkan bagian dalam jeruk nipis tadi ke permukaan kaki yang pecak-pecah. Lakukan secara rutin, ini akan mempercepat pembentukan kulit baru dan pecah-pecahnya akan hilang. Cara ini bisa digabung dengan cara diatas.

Mentimun

Mentimun biasanya digunakan untuk melembabkan daerah muka. Ternyata mentimun memiliki khasiat yang sama untuk tumit yang pecah-pecah. Cucilah sebuah mentimun lalu parut sampai habis. Oleskan parutan mentimun itu ke daerah tumit yang pecah-pecah sambil dipijit-pijit supaya meresap. Lakukan itu setiap hari selama seminggu atau dua maka permukaan tumit akan berkurang pecah-pecahnya hingga hilang sama sekali. Mentimun juga bisa menyamarkan dan menghilangkan flek-flek pada tumit dan sekitarnya.

Pisang

Ambil pisang secukupnya lalu haluskan menggunakan blender atau parut. Pisang memiliki efek meningkatkan kelembaban. Lalu oleskan pada bagian tumit yang kulitnya pecah-pecah. Jangan lupa untuk memijit-pijit sedikit agar kelembaban meresap dalam kulit tumit. Terakhir bilas dengan air dingin sampai bersih.

Hal-hal diatas adalah cara mudah untuk mengatasi kaki tumit yang pecah-pecah akibat kurangnya kelembaban. Cara-cara diatas sangat mudah dilakukan karena menggunakan bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita sehari-hari dan tidak menggunakan peralatan yang rumit.

Jika ditilik semua solusi menekankan pada peningkatan kelembaban kulit. Hal yang sama bisa anda capai menggunakan lotion yang dijual bebas namun bahan herbal alami jauh lebih baik dibanding dengan lotion yang banyak mengandung bahan kimia dan seringkali memicu alergi.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips Cara Memperbaiki Tumit Kaki yang Pecah-Pecah dan Kasar | admin | 4.5
shares