Tips Cara Belanja Online Aman yang Wajib Anda Ketahui

Tuesday, August 16th, 2016 - Ekonomi, Lifestyle, Technology

Advertisement

Saat ini aktifitas belanja dapat kita lakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah dan hanya cukup duduk manis di depan komputer. Kehadiran internet memang telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja. Dengan kehadiran internet tersebut dunia ecommerce saat ini semakin besar dan sudah menjadi bagian dari lifestyle masyarakat modern

Konsumen tidak perlu lagi keluar masuk toko untuk mencari barang – barang yang mereka inginkan karena telah ada ribuan toko online dengan berbagai macam pilihan produk. Proses pembayaranya pun saat ini sudah sangat mudah sekali, baik itu dengan menggunakan kartu kredit maupun dengan alat pembayaran lain atau bisa juga dengan netode transfer bank. Bahkan tidak hanya itu, berbagai kemudahan dalam berbelanja saat ini juga terdapat opsi COD (Cash on Delivery) yang memungkin konsumen untuk membayar produk yang mereka beli ketika produk tersebut telah sampai ke tangan konsumen.

Advertisement

Meskipun belanja secara online ini memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan namun tetap harus memperhatikan beberapa faktor kecermatan terutama dalam hal keamanan karena masih ada beberapa oknum yang memanfaatkan bisnis ini untuk kepentingan pribadi yang merugikan pembeli. Alih alih mendapatkan barang yang di inginkan, akibat ulah oknum ini pembeli sering merasa dirugian baik secara materil maupun non materil.

Namun anda tidak perlu khawatir, berikut akan kami berikan bebera tips cara belanja online yang aman tanpa harus merasa was was sehingga belanja online akan tetap menyenangkan.

  • Website Terpercaya

Salah satu tips berbelanja aman adalah selalu bertransaksi di website yang terpercaya dan sudah cukup familiar dalam dunia online. Perhatikan juga testimoni dari para pembeli di website tersebut. Sebuah website atau toko online yang terpercaya umumya akan menampilkan alamat alamat fisik toko, contact atau nomor handphone, juga layanan after selling untuk melayani komplain terhadap produk yang mereka jual.Cara Aman Transaksi Jual Beli Online

  • Hindari harga terlalu murah

Sebelum anda berbelanja online ada baiknya anda mencari informasi terlebih dahulu tentang detail dan spesifikasi produk yang anda inginkan termasuk harga normal untuk produk ini. Hindari produk dengan harga yang terlalu murah dari harga normal karena biasanya akan rawan penipuan.

  • Kenali Penjual

Jika anda ingin bertransaksi online, akan lebih baik jika anda mengenali terlebih dahulu penjual produk yang akan anda beli, misanya cari akun facebook, instagram atau data data si penjual yang ada di internet.

  • Cash on Delivery

Jika memungkinkan dan lokasi dengan si penjual berdekatan, lakukan transaksi secara COD. Atau bisa juga ini anda jadikan trik untuk mengetahui apakah si penjual bisa di percaya.

  • Rekber (Rekening Bersama)

Jika ada masih ragu Gunakan opsi rekber atau rekening bersama terutama jika bertransaksi dalam jumlah yang cukup besar. Dalam dunia online terdapat cukup banyak jasa rekber atau rekening bersama ini.

Selain memperhatikan beberapa faktor di atas, masih ada tips lain untuk dapat bertransaksi online yang aman. Hal berikut juga harus anda perhatikan terutama bagi anda yang menggunakan layanan kartu kredit karena nomor kartu kredit anda bersifat statis yang berarti tidak akan berubah terkecuali anda menutup atau melakukan pergantian kartu. Hal inilah yang harus anda cermatidan perhatikan dengan seksama karena apabila infomasi mengenai kartu kredit anda bocor secara online akan sangat besar kemungkinan untuk di salahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk anda yang sering bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit ada beberapa cara untuk meminimalkan potensi kebocoran informasi ini, dan salah satunya yaitu dengan memastikan situs atau website jual beli online yang akan anda gunakan selalu di awali dengan hypertext transfer protocol secure atau untuk lebih mudahkanya selalu ada tambahan “s” pada awal alamat website https://namadomain.com atau https://namadomain.co.id. Namun jika hanya menggunakan http:// tanpa ada tambahan “s” website tersebut belum terjamin keamanannya.Belanja online aman

Selain tambahan huruf s pada alamat website ada ciri lain untuk mengetahui sebuah laman atau website terjamin keamanan nya yaitu adanya icon gembok kecil pada pojok kanan atau kiri atas URL bar.

Nah menjadi pembeli dan pengguna yang pintar dan cermat adalah kunci untuk dapat bertransaksi aman secara online. Selalu perhatikan hal – hal tersebut di atas untuk meminimalisir adanya hal hal yang dapat merugikan anda. Semoga cara belanja online yang aman di atas bermanfaat dan bagikan artikel ini ke rekan dan saudara anda melalui sosial media agar mereka juga terhindar dari kerugian akibat bertransaksi online secara tidak aman. Terima Kasih.

Advertisement
Advertisement by Google

Tips Cara Belanja Online Aman yang Wajib Anda Ketahui | admin | 4.5
shares