Speedometer Mobil Tidak Berfungsi? Mungkin ini Penyebabnya

Komponen mobil yang mengalami kerusakan pasti membuat Anda resah. Karena kenyamanan berkendara bisa berkurang akibat hal tersebut. Kalau soal asuransi, Anda pasti sudah tak ragu lagi memilihnya di Futuready. Beli asuransi mobil untuk mobil second di Futuready akan mendukung upaya penghematan Anda. Karena banyak produk asuransi yang berkualitas dengan premi terjangkau.

Namun untuk urusan komponen mobil, tentu Anda harus mandiri dan sigap mengatasi permasalahannya. Salah satu bagian yang rentan rusak pada mobil adalah speedometer.  Biasanya speedometer bisa rusak karena beberapa penyebab ini:

Panel Indikator yang Rusak

Panel indikator pada mobil memang bisa rusak seiring dengan berjalannya waktu. Semakin tua usia mobil, maka semakin besar pula risiko kerusakannya. Biaya penggantian panel indikator speedometer terbilang besar jika dibandingkan dengan penyebab kerusakan lainnya.

Selain rusak, panel indikator yang kotor juga menyebabkan speedometer tidak berfungsi. Anda hanya perlu membuka dan membersihkan kotorannya agar panel tersebut kembali berfungsi maksimal.

Kerusakan Kabel Penghubung Panel Indikator

Hal sepele berupa kerusakan kabel penghubung panel indikator juga dapat menyebabkan kerusakan speedometer. Kalau kabel tersebut hanya tertekuk, Anda hanya perlu meluruskan dan memasangnya kembali. Namun jika kabel tersebut putus karena usia mobil sudah tua, berarti Anda wajib mengganti kabel dengan yang baru.Speedometer Mobil Tidak Berfungsi

Bagian Gearbox Juga Bisa Rusak

Bagian lainnya dari speedometer berupa gearbox juga dapat menyebabkan kerusakan. Kalau gearbox sudah tidak berfungsi, sebaiknya Anda segera menggantinya. Karena kerusakan gearbox bisa berpengaruh pada panel indikator speedometer secara keseluruhan. Anda wajib memastikan bahwa gearbox yang baru dipasang dengan benar. Supaya tidak mengganggu kinerja speedometer di kemudian hari.

Mobil Mengalami Masalah Kelistrikan

Ternyata masalah sistem kelistrikan pada mobil juga rentan mengakibatkan kerusakan speedometer. Karena bagian sekring mobil biasanya terhubung langsung dengan sistem speedometer. Aliran listrik yang tidak stabil bisa mengakibatkan speedometer jadi mudah rusak. Alangkah lebih baik bila Anda mengganti sekring mobil dengan yang baru kalau sistem kelistrikan mobil memang bermasalah.

Jangan menganggap remeh kerusakan speedometer pada mobil Anda. Karena speedometer merupakan penunjuk berbagai indikator penting pada mobil. Pastikan kalau kondisi speedometer mobil Anda selalu berfungsi dengan baik untuk mendukung keamanan berkendara.