Review Software Bandwidth Monitor

Wednesday, December 2nd, 2015 - Technology

Advertisement

Software bandwidth monitormerupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk memonitor statistik penggunaan bandwidth internet yang digunakan pada sebuah komputer. Selain memantau bandwidth, dengan menggunakan software ini kita dapat membatasi penggunaan bandwidth. Bandwidth itu sendiri merupakan besaran yang akan menunjukkan seberapa banyak data yang di download maupun di upload saat perangkat komputer terkoneksi dengan jaringan internet.

Salah satu software bandwidth monitor yang sering digunakan ialah BitMeter, Networx, NetCost, dan kini muncul lagi software yang terbaru yaitu bandwidth monitor keluaran rokario. Software bandwidth monitor ini pun tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan versi berbayar. Perbedaan dari kedua versitersebut terletak pada fiturnya yang tentu saja versi berbayar akan menyajikan lebih banyak fitur dibandingkan versi gratisan. Namun, untuk sekedar memonitor statistik penggunaan bandwidth, versi gratis pun sudah mencukupi.

Advertisement
Review Software Bandwidth Monitor

Review Software Bandwidth Monitor

Selain dari fitur, perbedaan dari kedua versi diatas ialah tampilan visualnya. Dalam penggunaan software bandwidth monitor ini cukup mudah. Mulai dari pertama kali dilakukan penginstalan hingga mulai menjalankan aplikasinya, software ini akan secara otomatis mendeteksi adapter untuk koneksi internet kita seperti LANcard. Namun, jika menggunakan beberapa jenis koneksi pada komputer yang digunakan maka pilih auto select pada kotak dialog yang akan terbuka saat aplikasi dijalankan.

Selanjutnya akan ada perintah untuk range waktu yang akan dihitung besar penggunaan bandwidth internetnya, misal satu bulan, satu minggu, maupun satu hari. Kemudian secara otomatis akan muncul icon software bandwidth monitor di sistem tray yang letaknya di sisi pojok kanan bawah. Klik kanan icon tersebut lalu pilih setting, kemudian akan muncul lagi kotak dialog baru yang berisi 3 menu utama, yaitu general, data dan themes untuk mengubah tampilan aplikasi sesuai keinginan.

Advertisement
Advertisement by Google

Review Software Bandwidth Monitor | admin | 4.5
shares