Resep Donut Lembut dan Empuk

Wednesday, May 31st, 2017 - Lifestyle

Advertisement

Donat merupakan salah satu kue yang sudah cukup popular dan memiliki banyak peminatnya. Jika dulu kue donat kebanyakan hanya berbentuk seperti kue cincin dengan lubang di tengahnya, kini donat ada yang bebentuk bundar tanpa lubang di tengahnya. Selain itu saat ini donut bukan banya merupakan camilan kampung namun juga sudah menjadi camilan masyarakat luas dari berbagai kalangan. Bukan hanya di jual di pasar pasar tradisional dan rumahan saja, namun juga telah banyak di jual di mall mall dan toko penjual kue.

Bahan untuk membuat donutpun saat ini semakin berkembang seiring dengan kreatifitas para pembuat donat. Jika dulu donat hanya terbuat dari tepung terigu saja, saat ini telah banyak yang menambahkan bahan – bahan lain untuk menambah variasi rasa donut. Misalnya saja tidambahkan dengan kentang atau menambahkan ubi.

Advertisement

Untuk membuat donat ini pada umumnya adonan yang digunakan terbagi dalam 2 jenis, yaitu adonan yang menggunakan ragi seperti dalam membuat roti da nada juga yang membuat adonan kental yang menggunakan bahan-bahan untuk membuat kue. Perbedaan dari kedua bahan adonan ini yaitu jika menggunakan ragi roti umumnya akan memiliki kadar lemak sekitar 24% dari total ukuran berat donut tersebut dan jika menggunakan adonan yang menggunakan bahan – bahan untuk membuat kue umumnya akan memiliki kadar lemak sekitar 19% dari total berat donut. Jadi jika anda menginginkan donut dengan kadar lemak yang cukup rendah maka buatlah donut dengan menggunakan adonan berbahan pembuat kue.

Resep Dan Cara Membuat Donut

Untuk resep donut lembut ini cara membuatnyapun cukup mudah. Untuk donut dengan bahan adonan kue biasanya akan memerlukan waktu penggorengan selama kurang lebih sekitar 1.5 menit dengan di bolak balikkan diatas minyak panas dengan suhu berkisar antara 190-197°C. Namun berbeda dengan donut yang berbahan adonan roti memerlukan waktu penggorengan yang sedikit lebih lama sekitar 2.5 menit dengan suhu pasa minyak pada 180-183°C.

Berikut bahan – bahan untuk membuat donut lembut dan enak :

Bahan-bahan

– 500 gr tepung terigu

– 100 gr gula pasir

– 1 bungkus ragi instan atau fernipan

– 2 butir telur (Silahkan diambil kuningnya saja)

– 250 ml susu cair

– 100 gr mentega

– 1/4 sdt baking powder

– 1/2 sdt garam

– Meises coklat (sesuai selera sebagai toping)

– Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Donut berbahan ragi roti:

Masukkan tepung terigu yang di tambahkan dengan ragi kedalam loyang, tambahkan gula pasir, baking powder, garam kemuadian aduk hingga rata.

Setelah tercampur tambahkan lagi kuning telur dan aduk kembali.

Tuangkan cucu cair sambil diaduk terus menerus.

Berikutnya tambahkanlah mentega dan aduk –aduk aduk hingga kurang lebih 15 -20 menit sampai adonan mnejadi kalis atau tidak lengket di tangan.

Setelah itu tutup dan diamkan adonan hingga kurang lebih selama 1 jam sampai adonan mengembang dengan baik

Setelah 1 jam buka adonan tersebut dan padatkan dan bentuk menjadi sebuah bulatan kecil seukuran donut dan lubangi di tengahnya.

Sambil menunggu minyak panas diamkan kembali donut yang sudah di bentuk selama 15 – 20 menit.

Goreng adonan hingga masak dan berwarna kecoklatan di kedua sisinya.

Selamat mencoba.

Advertisement
Advertisement by Google

Resep Donut Lembut dan Empuk | admin | 4.5