Resep Ayam Bundu Makassar Masakan Ayam Khas Indonesia

Wednesday, September 7th, 2016 - Lifestyle

Advertisement

Apakah anda suka memasak dan sering mencoba beberapa menu masakan yang baru? Ya, memasak dengan menu yang baru tentu saja menyenangkan dan akan menambah pengalaman anda. Di sini, kita akan membahas salah satu resep masakan dari ayam khas Indonesia yang dapat anda coba di rumah. Ya, resep kali ini adalah ayam bundu Makassar. Ini merupakan salah satu resep masakan ayam khas Indonesia yang siap memanjakan lidah anda. Bagaimana detail pembuatannya? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Bahan yang di butuhkan

Advertisement

Sebelum kita memulai memasak salah satu masakan ayam spesial dari Indonesia ini, kita harus mempersiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Adapun bahan yang harus di siapkan adalah:

  1. 1 ekor ayam dan di potong sesuai selera
  2. 750ml santan kental
  3. 2 batang serai
  4. lengkuas secukupnya
  5. 2 lembar daun jeruk

Bahan di atas adalah bahan utama yang harus anda persiapkan. Nah, disini tentu saja anda bisa melihat bahwa beberapa bahan di atas sangat mudah untuk di temukan di pasar ataupun di minimarket di daerah anda.

Resep Ayam Bundu Makassar

Bumbu halus

Selain beberapa bahan di atas, kita harus mempersiapkan beberapa bumbu halus yang akan membuat resep masakan dari ayam khas indonesia ini nikmat untuk di hidangkan. Adapun beberapa bumbu halus yang harus di persiapkan adalah:

  1. 10 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 butir kemiri
  4. Jahe
  5. Kunyit
  6. Gula pasir dan lada putih
  7. Minyak goreng secukupnya

Bumbu untuk resep masakan khas Indonesia ini juga mudah di temukan. Selanjutnya, kita akan melihat cara pembuatannya!

Cara pembuatan ayam bundu

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan ayam dan membalurnya dengan jeruk nipis agar tidak amis. Selanjutnya, panaskan minyak goreng secukupnya dengan api sedang. Tumis beberapa bumbu halus seperti di atas tadi. Tambahkan daun jeruk, serai dan lengkuas ketika bumbu sudah harum. Tumis sebentar hingga terlihat layu. Setelah itu, masukkan santan kental yang sudah anda persiapkan. Aduk hingga tercampur dengan rata. Lalu, masukan ayam yang sudah anda bersihkan tadi. Masak hingga matang, empuk dan santannya mengering. Setelah itu, matikan api kompornya dan salah satu masakan spesial ayam dari Indonesia ini siap untuk di sajikan.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat jika ayam bundu ini merupakan salah satu resep masakan dari ayam khas Indonesia yang cukup mudah untuk di buat. Tentu saja, hal ini akan membantu anda ketika anda ingin memasak salah satu sajian lezat dengan cara yang mudah dan sederhana. Sajian ini sangat cocok di sajikan ketika makan bersama dengan keluarga, terlebih ketika anda sedang ada acara khusus dengan keluarga. Selamat mencoba resep masakan ini!

Advertisement
  • resep ayam bundu bundu
  • bundu bundu resep
  • cara membuat ayam bundu
  • cara membuat bundu bundu
  • Masakan bundu2 enrekang
  • resep bundu
Advertisement by Google

Resep Ayam Bundu Makassar Masakan Ayam Khas Indonesia | admin | 4.5
shares