Perlengkapan Camping Outdoor yang Wajib Dibawa

Menikmati waktu libur dengan kegiatan camping di alam terbuka mungkin menjadi salah satu pilihan yang cukup menyenangkan. Pasalnya, selain bisa menikmati keindahan alam terbuka, anda juga bisa melakukan berbagai hal yang lebih seru dan menyenangkan. Seperti aktivitas hiking, tracking, climbing dan lain sebagainya. Untuk menyerukan suasana kegiatan anda, maka perlengkapan camping outdoor pun juga harus anda persiapkan.

Perlengkapan Camping Outdoor yang Wajib Dibawa

Sebagai kegiatan yang di lakukan di alam terbuka, tentu penggunaan alat-alat safety pun juga perlu diperhatikan. Selain digunakan untuk menjaga keamanan, umumnya alat-alat seperti ini juga digunakan untuk menjaga kenyamanan anda selama proses camping berlangsung. Beberapa alat memang harus disiapkan sebelum kegiatan dilaksanakan. Untuk itu, berikut peralatan camping outdoor lengkap yang wajib anda bawa selama menikmati kegiatan di alam terbuka.

Berikut Perlengkapan Camping Outdoor yang Wajib Dibawa

Bagi para pecinta alam, mungkin perlengkapan seperti ini sudah lekat dengan kehidupan mereka. Namun, untuk anda yang baru pertama kali menjalankan aktivitas di luar ruangan seperti ini. Maka sangat penting untuk memperhatikan detail perlengkapan yang harus dibawa selama proses camping berlangsung. Berikut daftar perlengkapan camping outdoor yang bisa anda siapkan:

  1. Tenda (Dome)
  2. Tas Gunung (Carrier)
  3. Cover Bag
  4. Sepatu Gunung
  5. Jaket Gunung
  6. Jas Hujan (Ponco)
  7. Pakaian Lapangan
  8. Senter
  9. Lampu Tenda
  10. Peralatan Masak
  11. Slepping Bag
  12. Hammock
  13. Matras
  14. Sarung Tangan
  15. Kaos Kaki
  16. Decker
  17. Giteirs atau Leggers
  18. Tracking Pole
  19. Pelindung Kepala (Topi, Kupluk, dsb)
  20. Water Bledder
  21. Pisau
  22. Alat Komunikasi Khusus
  23. Trash Bag atau Kantung Sampah
  24. Alat Navigasi
  25. Tali Karmantel
  26. Jam dan Kompas
  27. Pelindung Mata

Penggunaan alat-alat di atas memang sangat penting untuk disiapkan sebelum camping dilaksanakan. Biasanya camping identik dilakukan di lokasi-lokasi yang masih sepi penduduk seperti area pegunungan, hutan, bantaran sungai, tepi pantai, dan lain sebagainya. Dengan mempersipkan segala sesuatunya, maka kegiatan anda akan terasa lebih nyaman dan tentunya keamanan pun juga semakin terjaga.

Penggunaan Sepatu Gunung dan Jaket Gunung

Dari beberapa perlengkapan camping outdoor di atas, penggunaan sepatu gunung dan jaket gunung menjadi salah satu perlengkapan yang tidak boleh ketinggalan. Dua perlengkapan ini memiliki fungsi yang cukup besar bagi aktivitas alam anda. Sepatu gunung digunakan untuk melindungi kaki selama proses perjalanan berlangsung. Karena kegiatan berlangsung di alam terbuka, maka segala kondisi bisa saja terjadi yang dapat menyebabkan kaki terluka dan sebagainya.

Selain itu, penggunaan jaket gunung juga dapat melindungi tubuh anda dari perubahan suhu ekstim. Umumnya, dua perlengkapan ini menjadi yang paling ideal untuk melindungi tubuh anda selama berada di alam terbuka. Gunakan perlengkapan camping outdoor seperti sepatu gunung, jaket gunung, dan lain sebagainya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kegiatan anda di alam terbuka.