Perkembangan Emosi Anak Dalam 15 Bulan yang Perlu Anda Waspadai

Thursday, February 16th, 2017 - Ibu & Anak

Advertisement

Emosi dalam perkembangan anak usia 15 bulan mengikuti perkembangan dan pertambahan usianya. Perkembangan emosi anak akan terus berkembang hingga anak tersebut menjadi dewasa. Perkembangan emosi pada anak usia 15 bulan seringnya timbul rasa takut berpisah dengan orangtua maupun pengasuhnya. Sikap ini akan hilang dengan sendirinya jika ia sudah mulai nyaman dengan lingkungan barunya.

Kebanyakan rasa ini terus berkembang sesuai tahap usianya dengan berbagai macam ketakutan. Untuk mengetahui perkembangan emosi anak usia 15 bulan dikarenakan hal-hal berikut :

Advertisement
  • Kecemasan Pada Orang Asing

Dalam usia ini anak akan susah beradaptasi dengan orang asing yang baru dikenalnya dan lingkungan yang baru. Mungkin ia akan tergantung dengan orang tuanya atau pengasuhnya . Si kecil menatap wajah orang asing tersebut dengan rasa ketakutan dan merasa tidak nyaman. ia hanya bisa bersahabat dengan orang yang dikenal di sekelilingnya saja. Untuk solusinya maka kenalkanlah si kecil pada lingkungan yang lebih luas, lalu beri ia pengertian bahwa orang disekitarnya tidak akan menyakiti. Berikanlah waktu untuk beradaptasi dengan orang yang baru dikenalnya. Cobalah untuk berada agak jauh dari anak anda untuk beberapa saat.

  • Mencari Perhatian

Anak kecil usia 15 bulan sering mencari perhatian entah itu dari orangtuanya ataupun dari orang disekitar. Apabila tidak mendapat perhatian yang dibutuhkan, maka ia bisa marah, menangis, memukul dan bisa melakukan hal negatif lainnya. Hal ini karena kemampuan untuk mengontrol diri dan emosinya masih sangat terbatas. Saat perkembangan anak usia 15 bulan Ia mengekspresikan tingkah lakunya untuk mencari perhatian orang di sekitarnya. Perkembangan Emosi Anak Dalam 15 Bulan

Untuk solusinya anda bisa memberikan pengertian dan menanyakan apa yang ia inginkan. Emosi anda jangan sampai terpancing dengan perilaku anak, dan janganlah memarahi, berteriak, atau mengomel karena biasanya ia akan mulai merendah jika sudah tidak begitu dipedulikan lagi. Anda harus tetap menghargai sikap positifnya dengan berbagai pujian dan motivasi untuk meningkatkan rasa percaya diri si kecil.

Perkembangan anak usia 15 bulan dalam emosinya menunjukkan bahwa berbagai emosi muncul di berbagai kesempatan pada dua tahun pertama , setelah kelahiran, bayi bisa menunjukkan minat ekspresi sedih,senang, dan tersenyum. Ada 2 hal yang membedakannya yaitu :

  1. Emosi Primer yaitu emosi senang sedih pada usia 3 bulan. Pada usia 2-6 bulan sudah mulai marah dan pada usia 18 bulan sudah merasakan rasa takut.
  2. Emosi yang disadari yang memerlukan kognisi yaitu rasa empati, cemburu, kebingungan di usia 1,5 tahun sampai 2 tahun. mempunyai rasa malu, rasa bersalah pada usia 2,5 tahun
Advertisement
  • emosi anak usia 15 bulan
  • perkembangan bayi 15 bulan
  • perkembangan emosi bayi 15 bulan
  • perkembangan emosional anakusia 15 bulan yang normal
Advertisement by Google

Perkembangan Emosi Anak Dalam 15 Bulan yang Perlu Anda Waspadai | admin | 4.5
shares