Perbedaan Kartu Kredit dan Debit, Pilih yang Mana?

Thursday, February 25th, 2016 - Ekonomi

Advertisement

Saat ini telah banyak sekali transaksi bisnis yang menggunakan sistem non tunai, terutama masyarakat dari kalangan menengah ke atas, banyak dari mereka telah menginggalkan kebiasaan lama dengan membawa uang tunai di dompet dan menggantikanya dengan kartu kredit maupun kartu debit dari bank – bank yang ada. Ya, saat ini memang ada 2 ( Dua ) jenis kartu dari perbankan yang dapat digunakan untuk berberlanja online atau bertransaksi non tunai yang sering di sebut dengan kartu kredit dan kartu debit. Meskipun keduanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi non tunai, namun pada dasarnya kedua jenis kartu tersebut memiliki perbedaan mulai dari cara pembuatanya hingga dalam hal kegunaan dan pemanfaatanya. Berikut kami paparkan beberapa perbedaan kartu kredit dan kartu debit.

Kartu Kredit

Advertisement
NoKartu KreditKartu Debit
1Banyak yang menyebut kartu kredit merupakan kartu hutang, karena nasabah / pemilik kartu kredit ini tidak perlu memiliki rekening tabungan pada bank penerbit kartu kredit. Namun untuk membuat kartu kredit harus memenuhi persyaratan yang di tentukan oleh bank penerbit kartu kredit.Kartu Debit dikeluarkan langsung oleh bank untuk nasabah yang memiliki rekening tabungan karena semua transaksi yang dilakukan dengan kartu debit ini akan memotong saldo tabungan nasabah / pemilik kartu.
2Kartu kredit memiliki limit kredit yang di berikan, sesuai dengan jenis kartu kredit yang dimiliki.Kartu debit tidak memiliki limit, selama saldo tabungan pemilik masih ada, maka kartu debit ini masih bisa digunakan untuk bertransaksi non tunai. Dengan kata lain limit karu debit sebesar saldo rekening tabungan pemilik kartu.
3Untuk kartu kredit, tagihan akan di kirimkan kepada nasabah setiap bulan nya dan nasabah napat membayar lunas tagihan tersebut atau dengan mencicil tagihan tersebut setiap bulanya dengan di kenakan bunga.Penagihan langsung memotong saldo rekening tabungan pemilik.
4Kartu kredit memiliki biaya iuran, dan pada umumnya di bebankan per tahun sesuai dengan kebijakan bank penerbit kartu kredit.Untuk kartu debit ini bebas iuran tahunan, namun ada beberapa bank yang membebankan biaya bulanan kartu debit untuk jenis kartu debit tertentu.
5Kartu kredit dapat digunakan untuk berbelanja / bertraksaksi online dengan menggunakan 3 kode angka pada kartu kredit.Kartu debit tidak dapat digunkan untuk bertransaksi online.
6Secara fisik kartu kredit mirip dengan kartu debit, namun pada setiap kartu kredit terdapat nama pemilik kartu.Secara Fisik pada kartu debit terdapat logo bank penerbit dan beberapa jaringan yang telah bekerjasama dengan bank tersebut seperti mastercards, vissa, cirrus dll dan kartu tersebut hanya dapat di gunakan di tempat tempat yang memiliki logo-logo tersebut.

Seperti telah di paparkan di atas dengan kartu kredit dan kartu debit, setiap transaksi yang dilakukan tidak perlu membawa uang tunai sehingga dari segi keamananpun akan lebih terjamin. Selain itu masih terdapat banyak sekali manfaat dari adanya katu kredit dan kartu debit ini yang dapat anda baca pada ulasan kami berikutnya.

Advertisement
Advertisement by Google

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit, Pilih yang Mana? | admin | 4.5
shares