Perawatan Kulit Wajah Berminyak dan Berkomedo

Monday, August 29th, 2016 - Kesehatan, Lifestyle

Advertisement

Salah satu permasalahan wajah yang sering di keluhkan oleh banyak orang adalah masalah wajah berminyak dan komedo. Kedua permasalahan wajah tersebut sebenarnya saling berkaitan antara komedo dengan kulit wajah berminyak. Kulit wajah yang berminyak memerlukan perawatan wajah yang bagus karena munculnya komedo memang umumnya disebabkan oleh akibat dari kulit wajah yang berminyak. Komedo itu sendiri ada 2 jenis, yaitu komedo dengan warna hitam dan komedo putih. Komedo hitam adalah jenis komedo yang tidak tertutup oleh lapisan kulit atau epitel dan berwarna hitam karena telah mengalami proses oksidasi. Komedo yang berwarna hitam ini cukup mudah dikeluarkan dan di hilangkan karena tidak tertutup lapisan kulit. Berbeda dengan komedo putih, komedo ini tertutup oleh lapisan kulit sehingga akan lebih sulit untuk di keluarkan karena merupakan gumpalan sebum atau minyak.

Jika anda mengalami permasalahan tersebut diatas, ada beberapa tips perawatan kulit berminyak dan berkomedo secara alami tanpa menggunkan obat-obatan kimia dan dapat anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke salon kecantikan. Silahkan simak tips dari kami berikut :

Advertisement
  • Kenali jenis kulit wajah anda

Jenis kulit berminyak sangat rentan terhadap debu dan kotoran karena kulit yang berminyak akan mudah mengikat kotoran yang menempel pada kulit. Kotoran yang menempel pada kulit inilah yang dapat menimbulkan adanya komedo karena pori pori kulit tertutup dan tersumbat debu dan kotoran. Coba anda periksa kembali apakah kulit anda termasuk kulit berminyak atau tidak. Kulit yang berminyak pada umumnya pada siang hari akan terlihat mengkilap dan terasa lengket serta berminyak. Jika kulit anda merupakan kulit berminyak maka anda harus lebih memperhatikan produk – produk kecantikan yang anda gunakan dan cara perawatan kulit yang tepat.Perawatan Wajah Berminyak Secara Alami

  • Pilih produk kecantikan yang tepat

Jika anda memiliki kulit wajah yang berminyak, anda harus lebih cermat dalam memilih produk kosmetik yang anda gunakan. Hindari penggunaan kosmetik yang menimbulkan minyak berlebih pada kulit wajah anda, dan selalu gunakan produk yang bebas dari bahan minyak atau oil free. Selain itu selalu perhatikan dan cermati jika anda akan membeli produk kecantikan hindari juga produk dengan label comedogenic, yaitu produk – produk yang dapat menutup dan menyumbat pori – pori kulit wajah anda karena debu dan kotoran akan tertutup di dalam pori pori kulit anda sehingga wajah anda akan semakin mudah berminyak dan berkomedo.

  • Cuci muka secara teratur

Untuk mengurangi menumpuknya kotoran dan debu pada kulit dan pori pori wajah, bersihkan muka anda secara berkala.

  • Pola hidup sehat

Selain tips diatas menjaga pola hidup dan gaya hidup sehat juga merupakan cara terbaik untuk mengatasi permasalahan kulit wajah berminyak. Selalu perhatikan pola makan, istirahat dan olahraga yang cukup. Dengan demikian timbunan lemak yang menyebabkan wajah berminyak pada kulit wajah anda akan berkurang.

Advertisement
Advertisement by Google

Perawatan Kulit Wajah Berminyak dan Berkomedo | admin | 4.5
shares